Yamaha

Kabupaten Tasik Terapkan AKB, Kewaspadaan Jangan Dihilangkan

  Sabtu, 30 Mei 2020   Irpan Wahab Muslim
Ketua DPRD Kabupaten Tasikmalaya Asep Sopari Al-Ayubi. (Istimewa)

SINGAPARNA, AYOTASIK.COM -- Berdasarkan keputusan Gubernur Jawa Barat, Kabupaten Tasikmalaya diizinkan memberlakukan new normal atau Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB). Keputusan tersebut tertunya harus disikapi serius oleh pemerintah daerah dan masyarakat.

Penerapan new normal atau AKB itu mendapatkan tanggapan dari Ketua DPRD Kabupaten Tasikmalaya Asep Sopari Al-Ayubi. Asep mengatakan, meskipun Kabupaten Tasikmalaya diperbolehkan menerapkan new normal atau AKB, pemerintah daerah atau gugus tugas harus tetap waspada atas penyebaran Covid-19.

"Artinya, pemerintah atau gugus tugas harus memastikan bahwa di masyarakat protokol kesehatan berjalan dengan baik," kata Asep melalui sambungan telepon, Sabtu (30/5/2020).

Asep menambahkan, penerapan new normal atau AKB jangan sampai mengenyampingkan kewaspadaan. Artinya, pemerintah atau gugus tugas harus benar-benar masif dalam sosialisasi penerapan protokol kesehatan kepada masyarakat.

"Fungsi RT siaga itu harus dimunculkan, untuk sosialisasi kepada masyarakat tentang protokol kesehatan. Jadi harus benar-benar dijalankan oleh masyarakat," ucap politisi Gerindra tersebut.

Suksenya penerapan new normal atau AKB ini, lanjut Asep, tergantung dari kesadaran masyarakat dan upaya pemerintah dalam mengawasi kegiatan masyarakat.

Dihubungi terpisah, Ketua DPD KNPI Kabupaten Tasikmalaya Nana Sumarna menuturkan, penerapan new normal dan AKB ini harus diawali sosialisi kepada masyarakat terkait protokol kesehatan. Nana menilai selama ini sosialisasi itu tidak berjalan maksimal.

"Karena kita lihat kemarin, masih banyak masyarakat yang tidak menerapkan protokol kesehatan. Nah ini harus dirubah oleh pemerintah, bagaimana menyadarkan masyarakat. Salah satunya dengan sosialisasi massif," kata Nana.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar