Yamaha

Tidak Gunakan Masker, Warga Tasik Abai Protokol Kesehatan

  Sabtu, 06 Juni 2020   Irpan Wahab Muslim
Pengunjung objek wisata Galunggung tidak menggunakan masker. (ayotasik/Irpan Wahab Muslim)

SINGAPARNA, AYOTASIK.COM -- Pemkab Tasikmalaya menerapkan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) dalam penyikapi penyebaran Covid-19. Hal itu ditandai dengan sudah dibukanya masjid untuk kegiatan beribadah dan keagamaan serta toko makanan maupun pakaian.

Namun disisi lain, penerapan AKB ini tidak dibarengi dengan kesadaran warga dalam menerapkan protokol kesehatan. Masih banyak warga yang tidak menggunakan masker saat berada di luar rumah, berkerumun dan kontak fisik antara satu dengan yang lainnya.

Seperti yang terlihat saat Ayotasik.com menyambangi objek wisata Galunggung dan Pasar Singaparna. Banyak warga yang tidak menerapkan protokol kesehatan. Di Objek wisata Galunggung misalnya, banyak warga yang berkerumun saat berendam dan mandi di sungai, berkerumun bahkan kontak fisik saat melangsungkan makan bersama atau dalam bahasa sunda disebut botram.

Kondisi serupa terlihat di Pasar Singaparna. Banyak pedagang yang tidak menggunakan masker saat melayani pembeli. Kondisi sama juga dilakukan pengunjung pasar, dimana mereka berbelanja dan berkeliling pasar tanpa menggunakan masker.

Kondisi ini pun mendapatkan sorotan dari Ketua PK KNPI Kecamatan Singaparna Zamzam J Maarif. Ia menuturkan, pemerintah daerah harus memastikan bahwa protokol kesehatan yang sudah digaungkan beberapa bulan lalu dilaksanakan oleh warga. Meskipun dalam kondisi AKB yang saat ini dijalankan.

"Jadi sosialisasi harus benar-benar gencar. Kami melihat bahwa AKB ini justru dipandang warga berakhirnya penyebaran Covid-19 dan itu salah kaprah," kata Zamzam, Sabtu (6/6/2020).

Zamzam menambahkan, peran RT Siaga di tengah masyarakat harus dioptimalkan dalam sosialisasi penerapan protokol kesehatan. Artinya, penerapan protokol kesehatan harus benar-benar menjadi kebiasaan.

"Kalau bisa, bagaimana protokol kesehatan itu menjadi bagian penting dalam kehidupan di kebiasaan baru paska Covid-19 ini. " paparnya.
 

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar