Yamaha

Wisata Tasik Dibuka, Kunjungan Didominasi Lokal

  Senin, 08 Juni 2020   Irpan Wahab Muslim
Objek Wisata Pantai Karangtawulan. (Ayotasik.com/Irpan Wahab Muslim)

SINGAPARNA, AYOTASIK.CO -- Objek wisata di Kabupaten Tasikmalaya mulai serentak dibuka terhitung Kamis, 4 Juni 2020. Namun berdasarkan data dari Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga, peningkatan kunjungan wisatawan belum signifikan.

Meskipun sudah dibuka untuk umum, di lokasi objek wisata tetap ditekankan melaksanakan protokol kesehatan dengan disediakan alat pengukur suhu, tempat cuci tangan, dan wisatawan diwajibkan memakai masker.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Tasikmalaya Safari Agustin menjelaskan, pembukaan objek wisata ini belum diketahui masyarakat atau wisatawan secara luas. Kunjungan saat ini,  kebanyakan masih didominasi oleh wisatawan lokal dari daerah Tasikmalaya.

Menurut dia, di tengah dibukanya kembali wisata di kabupaten yang masih dalam kondisi Covid-19, diterapkan protokol kesehatan, walaupun sebenarnya Kabupaten Tasikmalaya masuk zona biru atau sudah mulai menerapkan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB).

"Di tempat wisata disiapkan alat pengukur suhu, handsanitizer, tempat cuci tangan. Termasuk pemerintah desa setempat bersama Muspika juga RT Siaga yang berada di objek wisata melakukan pengawasan dan mengingatkan wisatawan tentang protokol kesehatan," ujar Safari melalui sambungan telepon, Senin (8/6/2020).

Protokol kesehatan tersebut dijalankan seperti pada objek wisata Pantai Karangtawulan Cikalong. Menurut Kapolsek Cikalong AKP Harwandi, bahkan petugas di unit wilayah pun melakukan sosialisasi kepada pengunjung untuk menggunakan masker.

"Kami dari Muspika dan tim gugus Covid-19 kecamatan dan desa sudah mempersiapkan tempat cuci tangan dan pengunjung diwajibkan pakai masker," ungkap dia.

Dia menambahkan, objek wisata menjadi salah satu prioritas pengawasan dan pengecekan tim gugus tugas Covid-19 dalam rangka menekan penyebaran virus Corona.

"Jadi selain pasar, musala dan masjid, tempat wisata menjadi prioritas pengecekan dan pengawasan karena tempat berkerumun orang," ucapnya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar