Yamaha

Minggu, Pasien Covid-19 dalam Perawatan di Kota Tasik Sisa 1

  Senin, 29 Juni 2020   Republika.co.id
Penggunaan masker sebagai upaya untuk mencegah penularan dari Virus Corona. (Ayobandung.com/Kavin Faza)

BUNGURSARI, AYOTASIK.COM -- Kepala Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya Uus Supangat mengatakan pandemi Covid-19 di wilayahnya sudah melandai. Berdasarkan data hingga Minggu (28/6/2020), dari 50 total kasus pasien positif Covid-19 hanya tersisa satu orang yang masih menjalani perawatan.

"Mudah-mudahan sepekan ke depan sudah selesai. Kita tinggal tes swab ulang, kalau hasilnya negatif, sudah boleh pulang," kata dia.

Uus berharap kondisi itu dapat terus dipertahankan. Artinya, tak ada kasus baru Covid-19 lagi ditemukan ke depannya. Karena itu, masyarakat diimbau tetap menjalankan protokol kesehatan, meski pembatasan sosial berskala besar (PSBB) sudah diakhiri. Ia meyakini Kota Tasikmalaya bisa memasuki adaptasi kebiasaan baru (AKB) dengan baik.

Namun, Uus mengatakan Dinas Kesehatan akan tetap melakukan tes usap (swab) massal di berbagai tempat yang memiliki potensi penyebaran COVID-19. Sebab, target tes usap sebanyak 1.200 sampel belum juga terpenuhi. Hingga saat ini, tes usap di Kota Tasikmalaya terus dilakukan kepada sekitar 800 orang.

Menurut dia, tes massal tetap dilakukan untuk memastikan pandemi Covid-19 di Kota Tasikmalaya sudah dapat dikendalikan.

"Karena dalam fase AKB, kita harus memastikan tracing, test, dan treatment, bisa terselenggara dengan baik," kata dia.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya hingga Minggu, secara total terdapat 50 kasus pasien positif. Sebanyak 25 orang terkonfirmasi melalui tes usap dan 25 orang melalui uji cepat (rapid test).

Dari 50 kasus yang tercatat, 46 orang telah dinyatakan sembuh atau negatif, satu orang masih dalam perawatan, dan tiga orang meninggal dunia.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar