Yamaha

BPBD Kabupaten Tasikmalaya Usulkan Pemasangan Bailey

  Selasa, 30 Juni 2020   Irpan Wahab Muslim
Jembatan Cisepet Desa/Kecamatan Cikatomas yang ambruk tergerus aliran sungai. (ayotasik/Irpan Wahab Muslim)

SINGAPARNA, AYOTASIK.COM -- Proses tanggap darurat jembatan Cisepet di Kampung Cayur Desa/Kecamatan Cikatomas yang ambruk beberapa waktu lalu akibat bencana banjir akan diganti dengan jembatan Bailey.

Usulan itu sudah dilakukan Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang, Perumahan dan Permukiman (DPU-TRPP) ke Bina Marga Provinsi Jawa Barat (Jabar).

Sementara saat ini, masyarakat setempat yang beraktivitas terpaksa menggunakan rakit untuk bisa sampai ke tempat yang ditujunya.

Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tasikmalaya Nuraedidin menjelaskan, tanggap darurat pasca bencana jembatan Cisepet yang ambruk memang oleh BPBD.

"Kita berkirim surat usulan pengajuan jembatan bailey ke Gubernur Jawa Barat melalui Bina Marga Provinsi Jabar. Termasuk didorong juga oleh DPU-TRPP ke provinsi," terang Nuraedidin, Selasa (30/6/2020).

Menurut Nuraedidin, dipilihnya opsi pemakaian jembatan Bailey dengan ukuran 40 meter sebagai pengganti sementara jembatan Cisepet yang ambruk di Cikatomas, supaya masyarakat atau pengguna jalan baik roda dua maupun empat bisa melewatinya.

"Supaya aktifitas masyarakat bisa berjalan normal kembali, kasihan sampai menggunakan rakit untuk melalui sungai tersebut, karena tidak ada jembatan. Kita upayakan secepatnya, jembatan bailey bisa segera turun dari provinsi," papar Nuraedidin.

Dihubungi terpisah, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang, Perumahan dan Permukiman (DPU-TRPP) Kabupaten Tasikmalaya Yusep Yustisiawandana menambahkan, dinas juga sudah membantu mendorong ke Bina Marga provinsi agar ajuan jembatan bailey bisa segera ditindaklanjuti.

"Wacana dan solusi cepat, memang sementara menggunakan jembatan bailey. Kita dorong ke provinsi. Supaya cepat dipakai dan digunakan jembatan Bailey ini," papar Yusep.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar