Yamaha

Polres Tasik Bina Tahanan dengan Ilmu Agama

  Rabu, 01 Juli 2020   Irpan Wahab Muslim

SINGAPARNA, AYOTASIK.COM -- Kepolisian Polres Tasikmalaya mempunyai cara dalam membina dan membimbing tahanan yang tersandung berbagai tindak pidana agar kembali mempunyai kesehatan mental dan spiritual.

Cara yang ditempuh yakni memberikan pemahaman tentang agama, mulai dari membaca Al-qur'an, mengenal tata cara salat dan ibadah lainya serta pengenalan akhlak dan budi pekerti.

Kasat Tahti Iptu Sukiran menuturkan, pihaknya bekerja sama dengan Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tasikmalaya dalam memberikan pencerahan dan pengetahuan agama kepada para tahanan tersebut.

"Kita bekerjasama dengan Kemenag, memberikan pemahanan tentang akhlak dan budi pekerti. Kita berikan waktu setiap hari rabu," kata Sukiran kepada Ayotasik.com, Rabu (1/7/2020).

Sukiran menambahkan, di luar jadwal dari Kemenag, pembelajaran tentang keagamaan juga diberikan oleh anggota kepolisian di antaranya Bripka Penda Sugara. Pelajaran yang diberikan yakni terkait pengenalan membaca Al-qur'an. Pembacaaan berbagai surat dan ayat Al-qur'an itu dilakukan setiap hari Selasa dan Kamis.

"Tapi setiap menjelang Magrib, itu biasa pembacaan Al-qur'an bersama-sama. Itu dilakukan seluruh tahanan, termasuk pembacaan salawat," ucap Sukiran.

Kabag Ops Polres Tasikmalaya Kompol Cucu Juhana menambahkan, kegiatan pemberian ilmu agama, akhlak dan pembacaan Al-qur'an serta salawat semata-mata dilakukan sebagai upaya pencerahan kepada para tahanan.

Mereka dibina agar saat setelah menjalani masa hukuman atas perbuatan tindak pidana yang dilakukan bisa berubah dalam kehidupan bermasyarakat.

"Jadi kita ingin, mereka setelah menjalani hukuman yang diterima bisa berubah dalam berprilaku dan bisa diterima masyarakat." ucap Cucu.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar