Yamaha

Koi, Ikan Hias Bernilai Puluhan Hingga Ratusan Juta

  Kamis, 02 Juli 2020   Irpan Wahab Muslim
Ikan koi bisa bernilai hingga ratusan juta tergantung dari jenis, warna dan coraknya. (ayotasik/Irpan Wahab Muslim)

CIGALONTANG, AYOTASIK.COM -- Bagi pecinta ikan hias terutama jenis koi, berapapun harga yang ditawarkan untuk satu ekor koi tidak menjadi persoalan. Bahkan, harga satu ekor koi bisa mencapai Rp25 juta hingga 250 juta rupiah. Tingginya harga ikan koi ini tergantung dari jenis, warna dan coraknya.
\n
\nSenip Apniandi, salah satu pemilik budi daya ikan hias koi menuturkan dari 21 jenis ikan koi yang ada, setidaknya 18 jenis ikan koi yang banyak diminati pecinta ikan.

AYO BACA : Pemuda Tasik Raup 10 Juta Rupiah per Bulan dari Budi Daya Ikan Koi

Jenisnya, kata Senip di antaranya Sowa, Kohaku, Sanke, Shuishui dan lainnya. Bahkan saat ini, jenis polosan mulai dilirik oleh para pecinta koi.
\n
\n\"Kalau untuk pasar, itu paling jenis Kohaku, Sanke, Sowa, Siro dan Shuishui. Polosan juga mulai dilirik sekarang,\" ucap Senip, Kamis (2/7/2020).
\n
\nDalam ikan koi ini, kata Senip, jenis ikan bisa dibedakan dari corak dan warna. Setiap corak dan warna memiliki keindahan sendiri. Seperti jenis shuishui misalnya, porsi warna merahnya lebih banyak. Ciri-ciri ikan koi shushui juga sama-sama punya corak seperti tulang rusuk yang menjari kelabu pada bagian punggungnya.
\n
\n\"Jenis ikan koi itu tergantung dalam corak yang dimiliki, ada dominasi merah, dominasi hitam atau campuran, \" ucap Senip.
\n
\nPenentuan harga ikan Koi sendiri, lanjut Senip, diantaranya yakni dari hasil kontes. Harga Ikan yang memenangkan kontes baik skala lokal, regional hingga nasional akan lebih mahal mulai dari Rp. 25 juta hingga ratusan juta per ekor.
\n
\n\"Saya paling tinggi menjual itu Rp. 70 juta. Ada juga yang sampai Rp 250 juta. Apalagi kalau memangkan kontes bisa mencapai Miliaran. \" ucap Senip.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar