Yamaha

Jalan Desa Putus Akibat Longsor, Warga 4 Kampung Terisolir

  Selasa, 07 Juli 2020   Irpan Wahab Muslim
Jalan desa yang menjadi penghubung empat kampung di Dusun Margasari, Desa Margalaksana l, Kecamatan Salawu, Kabupaten Tasikmalaya putus akibat longsor sekitar pukul 05.00 WIB Selasa (7/7/2020).

SALAWU, AYOTASIK.COM -- Jalan desa penghubung empat kampung di Dusun Margasari, Desa Margalaksana l, Kecamatan Salawu, Kabupaten Tasikmalaya putus akibat longsor sekitar pukul 05.00 WIB Selasa (7/7/2020).

Akibat longsoran itu, sedikitnya 1.200 warga di empat kampung yakni Cilampeneng, Badama, Pasir Tengah dan Bantarlimus di desa tersebut terisolir tidak bisa melewati jalan desa tersebut penghubung ke pusat kecamatan dan desa.

Kepala Desa Margalaksana Kecamatan Salawu Asep Ma'mun Rahmat mengatakan, kejadian longsor terjadi sekitar pukul 05.00 WIB. Longsoran sepanjang 30 meter dengan lebar 100 meter itu terjadi setelah wilayah Margalaksana diguyur hujan pada Senin (6/7/2020) malam.

"Kemarin dari sore hujan sampai malam. Kejadian ini sekitar pukul 5 subuh. " kata Asep dilokasi kejadian.

Longsoran yang memutus jalan desa itu, selain memutus akses pendidikan dan ekonomi, juga mengancam 15 hektare area persawahan tidak teraliri air. Karena material longsor merusak saluran irigasi.

"Ini juga kebawahnya nimbun area perkebunan dan persawahan, termasuk saluran irigasi rusak. Tapi Alhamdulilah tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu. Akses jalan juga terputus, ada akses lain tapi tidak masuk motor, " ucap Asep.

Babinkamtibmas Desa Margalasksana Brigpol Yadi Tarica mengatakan, paska kejadian, pihaknya dan polsek Salawu memasang garis police line untuk menghindari warga mendekat. Karena tanah dilokasi longsoran masih labih. Terlebih cuaca di sekitar lokasi longsoran sudab mendung sejak pagi hari.

"Kami Imbau, agar warga mengantisipasi cuaca sekarang curah hujan tinggi, kami himbau masyarakat waspada dan antisipasi dan tidak mendekat lokasi longsoran, " ujar Yadi.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar