Yamaha

Trase Jalan Desa Margalaksana yang Longsor Akan Dipindah

  Kamis, 09 Juli 2020   Irpan Wahab Muslim
Jalan desa yang terputus akibat longsor di Kampung Margasari Desa Margalaksana Kecamatan Salawu. (ayotasik/Irpan Wahab Muslim)

SALAWU, AYOTASIK.COM -- Jalan desa yang terputus akibat longsor yang terjadi di Kampung Margasari Desa Margalaksana Kecamatan Salawu, akhirnya akan dipindah.

Keputusan tersebut diambil setelah Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tasikmalaya melakikan peninjauan ke lapangan, Rabu (9/7/2020) kemarin. Bahkan dalam peninjauan itu, ruas jalan alternatif dibuat dengan bergotong royong yang melibatkan Anggota dari Koramil Salawu dan Polsek Salawu beserta masyarakat.

Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tasikmalaya Nuraedidin mengatakan, BPBD sudah meninjau langsung ke lokasi putusnya jalan desa akibat longsor di Salawu.

"Kami bersama TNI dan Polsek Salawu dan juga masyarakat, sementara membuat jalan setapak melingkar sebagai alternatif. Agar akses jalan menuju kampung Cilampeneng bisa dilalui motor dan masyarakat," ujar Nuraedidin, kepada wartawan, Kamis (9/7/2020).

Solusi tanggap darurat selain dibuat jalan alternatif, tambah Nuraedidin, BPBD sudah berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang Perumahan Permukiman (DPU-TRPP).

"Jalan putus bekas longsoran akan dipindahkan trase jalannya ke lokasi yang lebih aman. Alhamdulillah masyarakat yang punya tanah di sekitar jalan tersebut memberikan tanahnya untuk dibuat trase jalan baru," ungkap Nuraedidin.

Dihubungi terpisah, Kepala Desa Margalaksana Kecamatan Salawu Asep Ma'mun Rahmat mengungkapkan, bahwa tidak jalan lain untuk memindahkan trase jalan ke lokasi atau tempat yang lebih aman.

"Kami bersama pemerintah kecamatan, sudah berkomunikasi dengan BPBD, untuk tanggap darurat bencana. Mudah-mudahan jalan bisa dilalui kembali agar masyarakat bisa beraktivitas normal," ujar Asep.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar