Yamaha

Warga Miskin Nambah, Mensos: Ekonomi Hampir Seluruh Negara Terpuruk

  Jumat, 17 Juli 2020   Republika.co.id
Menteri Sosial Juliari P. Batubara . (Ayobandung.com/Tri Junari)

JAKARTA, AYOTASIK.COM -- Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat persentase penduduk miskin meningkat dari tahun lalu. Menteri Sosial Juliari Batubara mengatakan bahwa kementeriannya sudah mengantisipasi hal itu.

"Memang sudah diantisipasi hasil survei demikian. Kondisi perekonomian hampir seluruh negara di dunia memang sangat terpuruk," kata Juliari, pada Republika, Kamis (16/7/2020).

Saat ini, pemerintah sudah memiliki berbagai program bantuan sosial. Ia mengatakan, Kemensos terus memantau program bantuan sosial, apakah masih relevan jika diterapkan dengan kondisi yang ada atau perlu diperkuat.

"Kemensos harus terus memastikan bahwa program-program perlindungan sosial yang dikelola oleh Kemensos masih relevan. Artinya, kalau ternyata harus memerlukan anggaran tambahan untuk meng-cover lebih banyak lagi keluarga miskin, kami akan ajukan tambahan anggaran," kata Juliari menambahkan.

Sebelumnya, BPS mencatat kemiskinan di Indonesia mengalami kenaikan setelah berhasil ditekan sejak 2017. BPS menyebut angka kemiskinan naik karena pandemi Covid-19 yang kemudian berdampak pada ekonomi masyarakat.

Berdasarkan data BPS, persentase penduduk miskin per Maret 2020 sebesar 9,78 persen atau naik dari posisi September 2019 sebesar 9,22 persen. Secara jumlah, penduduk miskin bertambah menjadi 26,42 juta orang. Jumlah tersebut naik sebanyak 1,63 juta dibandingkan dengan September 2019.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar