Yamaha

Begini Ketentuan Menyembelih Hewan Kurban saat Covid-19

  Senin, 27 Juli 2020   Ananda Muhammad Firdaus
ilustrasi hewan kurban. (Ayobandung.com)

JAKARTA, AYOTASIK.COM -- Hari raya Iduladha jatuh pada Jumat (31/7/2020). Karena di tengah pandemi Covid-19, tentu beberapa orang merasakan dilema, terlebih karena hari itu adalah waktu dimana hewan kurban akan disembelih.

Untungnya, Kementerian Agama (Kemenag) sudah mengeluarkan surat edaran mengenai protokol kesehatan saat Iduladha 2020 pada Kamis (9/7/2020). Berikut isi Surat Edaran Nomor 18 Tahun 2020 tersebut.

1. Penyembelihan kurban dapat dilakukan di semua daerah asalkan menaati protokol kesehatan. Ada pula daerah yang dilarang menyelenggarakan penyembelihan apabila dianggap belum aman Covid-19.

2. Tetap menjaga jarak (physical distancing).
Penyembelihan kurban harus dilaksanakan di tempat luas sehingga bisa ada physical distancing. Untuk membantu pelaksanaan ini, pihak yang boleh hadir di tempat penyembelihan hanya panitia dan pihak berkurban.

Panitia pun harus menjaga jarak dari persiapan penyembelihan hingga pengemasan. Daging didistribusikan ke mustahik oleh panitia saja.

3. Menjaga kebersihan pribadi panitia
Sebelum masuk ke tempat penyembelihan, panitia harus diukur suhu tubuhnya. Panitia harus terus memakai masker, pakaian lengan panjang, dan sarung tangan. Tidak lupa pula diwajibkan adanya hand sanitizer dan tempat cuci tangan sehingga panitia selalu mencuci tangan.

Panitia dilarang menyentuh mata, hidung, mulut, dan telinga, juga menghindari kontak langsung dengan panitia lainnya. Etika batuk/bersin/meludah pun harus diperhatikan dan sebelum kembali ke rumah, panitia harus mandi.

Panitia harus dibagi sesuai pekerjaan masing-masing. Ada yang menyembelih dan ada yang menangani daging, tulang, serta jeroan.

4. Menjaga kebersihan alat
Alat-alat penyembelihan hingga pengemasan harus dibersihkan dan disinfeksi sebelum serta sesudah. Satu panitia harus menggunakan satu alat. Apabila harus berbagi, alat harus disinfeksi terlebih dahulu.

Semoga kita bisa mematuhi ketentuan-ketentuan di atas agar mengurangi penyebaran Covid-19, ya! Hingga kini, belum ada kabar lagi mengenai proses perizinan dan pengawasan tempat penyembelihan kurban. (Farah Tifa Aghnia)

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar