Yamaha

Bawaslu Tasik Banyak Temukan Data Bermasalah Hasil Coklit

  Kamis, 06 Agustus 2020   Irpan Wahab Muslim

SINGAPARNA, AYOTASIK.COM -- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Tasikmalaya menyampaikan temuan hasil pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih untuk kebutuhan Pilkada Kabupaten Tasikmalaya tahun 2020.

Petugas di lapangan mendapati berbagai permaslahan seperti daftar pemilih ganda, warga yang meninggal masih tercatat, daftar warga pendatang hingga warga yang pindah tempat pemungutan suara.

"Hasil sementara coklit ditemukan data bermasalah. Coklit ini bentuk penelitian dan pencocokan data dari format AKWK," kata Ketua Bawaslu Dodi Djuanda, Kamis (6/8/2020).

Sementara itu, Koordinator Divisi Pencegahan dan Hubungan Antarlembaga Bawaslu Kabupaten Tasikmalaya Ahmad Aziz Firdaus menambahkan, total terdapat sebanyak 66.185 ribu daftar pemilih yang bermasalah.

Rinciannya, sebanyak 29.175 orang meninggal dunia masih tercatat dalam daftar pemilih, 14.426 daftar pemilih yang memiliki data ganda. 4.985 pendatang, dan 6.386 terkait perpindahan TPS atau yang tercatat di dua TPS.

"Ditemukan juga data NIK beda dengan KK dan belum memiliki e-KTP sebanyak 7.995 orang. Total daftar pemilih sementara dari Kemendagri berjumlah 1.379.954," kata Aziz.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar