Yamaha

Objek Wisata Situ Sanghyang Terbengkalai

  Jumat, 21 Agustus 2020   Irpan Wahab Muslim
Situ Sanghyang merupakan salah satu objek wisata Kabupaten Tasikmalaya yang terkesan dilupakan.

SINGAPARNA, AYOTASIK.COM - Situ Sanghyang merupakan salah satu objek wisata Kabupaten Tasikmalaya yang terkesan dilupakan. 

Padahal, objek wisata yang berada di Kecamatan Tanjungjaya ini tidak kalah indah dibandingkan dengan objek wisata lain. Di objek wisata ini, pengunjung bisa menikmati segarnya udara dengan banyaknya pohon rindang serta permainan air.

Namun, keunggulan itu tidak lantas membuat jumlah kunjungan membludak. Pengunjung paling banyak hanya pada waktu-waktu tertentu seperti Idulfitri dan hari besar lainnya.

Kondisi ini pun menjadi sorotan Kelompok Penggerak Pariwisata (Kompepar) Kabupaten Tasikmalaya. Pengurus Kompepar Dede Farhan Kamil (45) menuturkan, kurangnya kunjungan wisata ke Situ Sanghyang dipengaruhi beberapa faktor.

Faktor itu yakni fasilitas di objek wisata yang kurang memadai, wahana permainan yang minim serta akses jalan yang belum baik.

"Contoh akses jalan ke situ sanghyang itu sudah lebih dari 10 tahun tidak diperbaiki. Padahal hanya menyisakan 1,3 kilometer saha, " ucap Dede Farhan, Jumat (21/8/2020).

Selain Situ Sanhyang, lanjut Dede Farhan, permasalahan serupa juga terjadi di objek wisata lainnya, seperti Galunggung dan Cipatujah. Fasilitas atau wahana permainan yang ada di objek wisata itu tidak dipersiapkan matang oleh pemerintah.

"Maka jangan heran, kenapa pariwisata belum menyumbangkan PAD yang besar. Karena fasilitas dan wahana didalamnya juga masih terbatas," ucap Dede.

Ke depan, lanjut Dede Farhan, pemerintah harus serius dalam pengelolaan objek wisata dan melengkapi berbagai fasilitas dan wahana di seluruh objek wisata. Dengan begitu, jumlah kunjungan akan meningkat yang berujung pada meningkatnya PAD bagi pemerintah daerah.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar