Yamaha

Pemkab Tasik Siap Bantu Distribusi Air saat Kemarau

  Rabu, 26 Agustus 2020   Irpan Wahab Muslim
Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Arnas Padda)

SINGAPARNA, AYOTASIK.COM -- Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Kabupaten Tasikmalaya Nuraedidin menuturkan, pemerintah daerah sudah menyiapkan beberapa opsi dalam menghadapi musim kemarau tahun ini. Opsi itu tidak berbeda seperti kala menghadapi kemarau tahun sebelumnya.

Opsi tersebut, kata Nuraedidin, yakni dengan melakukan pengiriman air bersih kepada warga yang terdampak kemarau. Pihaknya bahkan sudah menyiapkan armada termasuk memodifikasi mobil serba guna agar bisa melakukan pengiriman air bersih.

"Persiapan kita tidak jauh berbeda dengan kemarau tahun lalu, kita siap melakukan dropping air. Armadanya sudah kita siapkan," kata Nuraedidin melalui sambungan telepon, Rabu (26/8/2020).

Ditambahkan Nuraedidin, selain berkordinasi dengan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Sukapura sebagai penyedia air, pihaknya juga berkordinasi dengan dinas atau instansi lain yang mempunyai kendaraan pengangkut air. Seperti Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan, dan Permukiman serta Dinas Sosial.

"Kita juga kooirdinasi dengan dinas lain yang punya kendaraan pengiriman air. Agar saat banyak permintaan air bersih, armada kita banyak dan akan cepat melakukan pelayanan," ujar Nuraedidin.

Sejauh ini, tambah Nuraedidin, baru ada dua kecamatan yang sudah melaporkan mengalami kekurangan air bersih yakni Kecamatan Sukaraja dan Mangunreja. Namun, dua pekan lalu, wilayah terdampak kekeringan di dua wilayah tersebut sudah dipasok air bersih.

"Baru Sukaraja sama Mangunreja yang sudah melaporkan. Kita juga sudah kirim air bersih ke sana untuk membantu warga," ucap Nuraedidin.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar