Yamaha

Gulirkan Prokes saat Pilkada, Tasikmalaya Bakal Buat Perkada

  Kamis, 10 September 2020   Irpan Wahab Muslim
Pembagian masker kepada pengguna kendaraan sebagai bagian dari kegiatan deklarasi penerapan kepatuhan protokol kesehatan saat pilkada. (Ayotasik.com/Irpan Wahab Muslim)

MANGUNREJA, AYOTASIK.COM -- Unsur Muspida dan Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Tasikmalaya mengajak masyarakat memakai masker dan membiasakan diri hidup bersih salah satunya dengan rajin mencuci tangan. Sosialisasi diiringi pembagian masker di depan Mako Polres Tasikmalaya, Kamis (10/9/2020).

Pembagian masker dan sosialisasi protokol kesehatan itu bagian dari kegiatan deklarasi penerapan kepatuhan protokol kesehatan saat pilkada. Hal itu diupayakan agar jadi pengingat kepada masyarakat, calon bupati dan wakil bupati, tim sukses dan lainnya selama tahapan pilkada.

Kegiatan deklarasi dihadiri KPU dan Bawaslu Kabupaten Tasikmalaya, perwakilan calon bupati dan wakil bupati, ormas dan tokoh partai politik dan keagamaan. Kegiatan sudah diatur dalam PKPU nomor 5 dan nomor 10 tahun 2020 soal protokol kesehatan dalam tahapan pelaksanaan Pilkada Serentak 2020.

Sekda Kabupaten Tasikmalaya Mohamad Zen menjelaskan, pemerintah provinsi atau daerah yang menjalankan pilkada harus membuat regulasi khusus tentang bagaimana mensinergikan aturan pilkada dengan kondisi pandemi Covid-19.

"Insyaallah drafnya sudah disusun dan akan dirapatkan di paripurna DPRD Selasa nanti.  Jadi bentuknya peraturan kepala daerah (Perkada) yang mengatur dan mensinergikan aturan di pilkada dengan menerapkan protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19 ini," jelas Zen, Kamis (10/9/2020).

"Dalam regulasi atau perkada tersebut pasti akan memuat sanksi yang masyarakat harus taati," tambah Zen.

Zen menambahkan, daerah dan provinsi intinya diinstruksikan untuk menyusun perkada secara khusus, disesuaikan dengan kondisi dan situasi di daerah masing-masing. Artinya dengan deklarasi dan kampanye pembagian masker dan cuci tangan yang diinisiasi Polres Tasikmalaya sangat membantu sekali program pemerintah daerah.

Kapolres Tasikmalaya AKBP Hendria Lesmana mengatakan, kegiatan deklarasi atau kampanye memakai masker dan cuci tangan ini sebagai bagian dari upaya tim gugus tugas meminilisir penyebaran Covid-19 di Kabupaten Tasikmalaya.

"Dilaksanakan di tengah wabah Covid-19, dan momen pilkada agar bisa berjalan aman, damai dan sehat. Kami meminta masyarakat, karena masih dalam pandemi Covid-19, apalagi dalam menyampaikan hak pilihnya tetap harus menerapkan protokol kesehatan," tambah Hendria.

Komisioner KPU Kabupaten Tasikmalaya Istianah mengatakan, sampai saat ini belum ada aturan atau PKPU tentang Kampanye, masih dalam bentuk draf. Adapun untuk aturan protokol kesehatan, terang Istianah, ada dalam PKPU Nomor 6 Tahun 2020 dan PKPU Nomor 10 tahun 2020 bahwa masker wajib digunakan di dalam tahapan pilkada.

"Mudah-mudahan beberapa hari kedepan sudah bisa turun ke KPU kota/kabupaten, yang menyelenggarakan Pilkada," jelas Istianah.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar