Yamaha

Sepeda Treadmill Bikin Heboh Warganet, Ternyata Dibikin Tukang Tambal Ban di Semarang

  Selasa, 22 September 2020   Arditya Pramono
Sepeda tredmill buatan Sulaji (Suara.com/Yusuf)

LENGKONG,AYOPURWAKARTA.COM -- Media sosial belakangan ini diramaikan dengan video seorang pria yang menggunakan sepeda treadmill berjalan-jalan menyusuri kota.

Ternyata pembuat sepeda treadmill tersebut seorang tukang tambal ban asal Semarang, bernama Sulaji.  

Sulaji mengaku membuat sepeda treadmill secara autodidak, hanya melihat di YouTube. Sulaji yang sehari-hari membuka bengkel tambal ban di Jalan Wotgandul Kota Semarang ini hanya bermodal sepeda bekas dan treadmill bekas yang sudah tak terpakai. 

Saat ini sepeda tredmill hasil dari modifikasinya itu telah viral. Sulaji mengakatakan, selama 2 bulan ia bongkar pasang sepeda treadmill itu agar sesuai dengan yang diinginkan.

"Saya bongkar 3 kali ini sepeda karena sempat ada kekurangan," jelasnya, seperti dilansir Suara.com, Senin (21/9/2020). 

Sulaji mengaku, ide dari pembuatan sepeda tredmill tersebut hasil bermula sekitar 2 tahun lalu ia melihat tayangan di sebuah tayangan televisi. Karena di Indonesia belum ada yang membuat, akhirnya ia mempunyai ide untuk membuat sepeda treadmill. 

Jika dilihat, sepeda yang dibuat Sulaji memang berbeda dengan sepeda pada umumnya. Jika sepeda biasanya untuk menggerakan roda pakai pedal, sepeda yang dibuat Sulaji ini cukup menggerakan treadmill. 

"Hasilnya memang lebih ringan karena seperti orang berjalan. Kalau pedal harus mengeluarkan tenaga yang cukup keras. Kalau ini bisa dengan berjalan dan berlari," ucapnya.

Untuk mengatur tingkat kecepatan, sepeda treadmill yang dibuat Sulaji juga dilengkapi dengan gear sepeda. Selain berguna untuk mengatur kecepatan, gear tersebut juga dirancang khusus agar sepeda yang dibuatnya bisa digunakan di jalan Kota Semarang yang tidak rata. 

"Kalau di Semarang kan jalannya kadang turun, kadang naik dan kadang juga rata. Kalau tidak pakai gear bisa kacau," katanya. 

Saat ini sepeda tredmill yang dibuat Sulaji sudah banyak dilihat orang. Bahkan ketika ia menggunakan sepeda treadmill tersebut, tak jarang warga yang merekamnya. 

"Sudah banyak yang merekam, saya tak mengira bakal viral seperti ini karena saya hanya iseng-iseng," jelasnya. 

Karena sepeda tredmill yang dibuat Sulaji unik, tak jarang orang yang menawarnya. Namun, ia menolaknya karena sepeda treadmill yang dibuatnya cukup menghabiskan tenaga. 

Meski demikian, jika ada orang yang ingin membuat sepeda tredmill seperti yang ia miliki, Sulaji bersedia membuatkannya dengan ongkos Rp10 juta. Harga itu lebih murah jika ia bandingkan dengan sepeda treadmill di luar negeri yang harganya bisa sampai Rp40 juta.

"Ada di luar negeri sepeda treadmill seperti ini kemarin namun harganya mahal mulai Rp20 juta hingga Rp40 juta. Kalau yang saya buatkan murah," imbuhnya.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar