Yamaha

Kampung Kolecer, Destinasi Wisata Goweser Di Tasikmalaya

  Sabtu, 26 September 2020   Irpan Wahab Muslim
Goweser di kampung kolecer yang menjadi andalan Desa Cisayong. (ayotasik/Irpan Wahab)

CISAYONG, AYOTASIK.COM - Kampung kolecer di desa Cisayong, Kecamatan Cisayong, Kabupaten Tasikmalaya menjadi salah satu tujuan wisata para goweser Tasikmalaya. Setiap akhir pekan, belasan hingga puluhan goweser menyambangi kampung kolecer yang menjadi andalan Desa Cisayong.

Komunitas Solasibike Tasikmalaya misalnya, memilih kampung kolecer sebagai tujuan akhir dan tempat beristirhat setelah menempuh jarak 20 Km dari wilayah Kota Tasikmalaya. Disini, para goweser disuguhkan keindahan alam dan kesejukan alam khas pedesaan.

Keindahan diawali dari gang masuk yang berada di jalan raya Cisayong. Goweser akan disuguhkam keindahan kampung 3D kurang lebih 500 meter menuju kampung kolecer. Hampir seluruh tembok gang dihiasi berbagai gambar 3D hasil kreasi warga setempat.

Sepanjang jalan menuju kampung kolecer, goweser disuguhkan berbagai kreasi kolecer dengan berbagai bentuk dan ukuran. Suara kolecer yang diterpa angin bersahutan seakan menyambut kedatangan para goweser.

Ketua Solasibike Farhangaes menuturkan, dipilihnya kampung kolecer sebagai  tempat akhir bersepeda karena ingin menikmati keindahan desa Kolecer. Terlebih, kampung kolecer sudah viral di media sosial sebagak tujuan wisata Desa Cisayong.

"Kita penasaran, makanya kita putuskan kesini. Memang suasanya indah dan sejuk. Angin sepoi-sepoi cocok untuk beristirahat" kata Farhangaes, Sabtu (26/9/2020).

Selain disuguhkan keindahan, kata Farhangaes, di kampung kolecer juga banyak aneka jajanan, makanan ringan serta minuman yang bisa menjadi tempat wisata kuliner goweser dan para pengunjung lainnya.

"Disini juga enak, kita bisa sekalian wisata kuliner. Ada gorengan, makanan ringan sama minuman kopi, kelapa muda dan lainnya. Ini tempat nyaman untuk beristirhat, " ucap Farhangaes.

Kampung Kolecer Dibuka Awal Agustus
Kampung kolecer merupakan kreasi yang dibangun oleh pemerintah Desa Cisayong dalam rangka melestarikan dan menumbuhkan kembali permainan tradisional yang hampir hilang.

Kolecer merupakan permainan berbentuk baling-baling yang terbuat dari bambu dan kayu.  Sedikitnya 500  kolecer berbagai jenis mulai dari original hingga unik.

Ratusan kolecer itu sempat divestifalkan pada bulan Agustus lalu. Saat itu, antusiasme dari berbagai daerah berdatangan bukam hanya dari wilayah Tasikmalaya saja  tetapi juga dari kota tetangga seperti Ciamis dan Garut.

"Karena awalnya ini viral, jadi paska festival  kita tetapkan jadi kampung kolecer sebagai destinasi wisata unggulan desa, " ucap Egi Supriadi salah satu inisiator kampung kolecer.

Dengan adanya kampung kolecer ini, perekonomian masyarakat menjadi meningkat. Banyak warga yang membuka lapak berjualan beraneka jajanan mulai makanan dan minuman.

"Setidaknya ekonomi maayarakat menjadi terangkat dengan kampung kolecer ini. Tiap hari dari berbagai daerah kesini, " ucap Egi.

Setiap akhir pekan, kata Egi, para goweser khusunya sering berkunjung ke kampung kolecer. Bahkan pernah komunikas sepeda dari Bandung dan Jakarta berkunjung menikmati keindahan kampung kolecer.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar