Yamaha

Putus Penyebaran Covid-19, RT Siaga Kembali Dihidupkan

  Rabu, 30 September 2020   Irpan Wahab Muslim
Ketua pelaksana harian gugus tugas Covid-19 Muhammad Zen

SINGAPARNA, AYOTASIK.COM -- Berdasarkan data sigesit119.tasikmalayakab.go.id, jumlah terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Tasikmalaya hingga, Rabu (30/9/2020) pukul 12.00 WIB mencapai 92 orang. Angka ini bertambah 5 orang dari hari sebelumnya atau Selasa (29/9/2020) yang mencapai 87 orang.

Kenaikan angka terkonfirmasi positif ini pun diakui Ketua pelaksana harian gugus tugas Covid-19 Muhammad Zen. Ia yang juga menjabat sebagai Sekda Kabupaten Tasikmalaya itu menuturkan, penularan Covid-19 di Kabupaten Tasikmalaya sangat cepat. Namun, seluruhnya merupakan inforkes atau berasal dari luar Tasikmalaya.

Guna memutus mata rantai penyebaran, kata Zen, pihaknya mengaktifkan kembali RT Siaga Covid-19 yang tersebar di 39 Kecamatan. Tugasnya, yakni mengawasi dan memantau kedatangan orang atau masyarakat dari luar Tasikmalaya.

"Kebanyakan itu kan inforkes, nah kita aktifkan kembali RT siaga Covid seperti pada bulan maret kemarin. Tugasnya sama, mencatat dan mengawasi kedatangan orang dari wilayaj lain," ucap Zen.

Zen menambahkan, nantinya, jika ada pandatang dari wilayah lain apalagi dari Zona merah, RT siaga bisa meminta kepada pendatang tersebut untuk melakukan isolasi mandiri dirumah dan tidak berbaur dulu dengan masyarakat.

"Nanti kalau ada yang datang, di isolasi mandiri dulu di rumahnya. Itu benar benar kita awasi karena kita ingin memutus rantai penyebaran," ujar Zen.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar