Pjs Bupati Tasik Yakinkan Warga Cipasung Terdampak Hanya Sementara

  Selasa, 06 Oktober 2020   Irpan Wahab Muslim
Pjs Bupati Tasikmalaya Hening Widiatmoko. (Ayotasik/Irpan)

SINGAPARNA, AYOTASIK.COM – Hilangnya pendapatan warga sekitar Pesantren Cipasung Desa Cipakat, Kecamatan Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya karena karantina lokal mendapatkan tanggapan dari Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Tasikmalaya Hening Widiatmoko.

Hening memaparkan, saat ini isolasi mandiri di dalam Pesantren Cipasung sedang berlangsung atau disebut Pembatasan Sosial Berskala Mikro Komunitas (PSBMK). Sesuai SOP yang ada, lingkungan sekitarnya harus dibatasi termasuk aktivitas keluar masuk area pesantren.

“Tentu saja selama masa isolasi mandiri 14 hari itu, semua aktivitas di lokasi tersebut termasuk aktivitas ekonomi terhenti,” papar Hening melalui pesan singkat, Selasa (6/10/2020).

Saat sudah ditemukan kasus terkonfirmasi positif Covid-19, penanganannya yakni dengan isolasi mandiri. Konsekuensinya, ujar Hening, masalah kesehatan yang didahulukan. Hening mengakui, masyarakat sekitar pesantren Cipasung tentu turut terdampak secara ekonomi, tapi sifatnya hanya sementara

“Sepanjang protokol kesehatan diterapkan dengan disiplin dan isolasi mandiri di pesantren berhasil membuat terkonfirmasi positif di test swab ulang menjadi negatif, maka segera PSBMK diakhiri dan roda ekonomi insya allah kembali normal, “ ucap Hening.

Guna membantu masyarakat, lanjut Hening, setiap pedagang bisa bekerja sama dengan pengurus dan keluarga pesantren dengan melakukan system order by phone atau pesanan lewat mekanisme lain seperti adanya unit pendistribusian order dan bayar oleh pesantren.

Hening mengimbau, masyarakat harus mematuhi dan melaksanakan protokol kesehatan  seperti memaksi masker,  menjaga jarak dan mencuci tangan teratur dengan sabun atau hand sanitizer.dengan penuh disiplin bila tidak ingin terkonfirmasi positif bertambah di kemudian hari. 

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar