Yamaha

8 Tahun Bocor, Rumah Dayo Akhirnya Diperbaiki Pemkot Tasikmalaya

  Minggu, 18 Oktober 2020   Heru Rukanda
Dayo (71), Warga Cihideung Balong, Kelurahan Nagarawangi, Kecamatan Cihideung, Kota Tasikmalaya memperhatikan plapon rumahnya yang bolong, Minggu (18/10/2020). (Ayotasik.com/Heru Rukanda)

CIHIDEUNG, AYOTASIK.COM -- Selama 8 tahun rumah milik Dayo (71) di Kampung Cihideung Balong, Kelurahan Nagarawangi, Kecamatan Cihideung, Kota Tasikmalaya, berada dalam kondisi yang sangat memprihatinkan. Plafon rumahnya bocor. Atap bangunan rumah tampak miring lantaran tiang penopang sudah lapuk hingga nyaris ambruk.

Menurut Dayo, plafon rumah yang sebagian besar dari anyaman bambu (bilik) itu bocor di bagian pinggir dan tengah rumah. Ia mengaku sempat memperbaiki rumahnya tapi hanya plafonnya saja.

"Saya tinggal bersama 7 anggota keluarga. Kalau musim hujan ya seperti ini, ember di mana-mana untuk menampung air hujan," ujar Dayo, Minggu, (17/10/2020).

Kini Dayo merasa senang lantaran mendapat bantuan rehab rumah dari Pemerintah Kota Tasikmalaya melalui program rehab Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu).

"Alhamdulilah, hari ini mendapat bantuan untuk rehab rumah dari pemerintah. Saya sangat berterima kasih kepada pengurus RT, RW, kelurahan, kecamatan yang telah membantu," ucapnya.

Bantuan rehab rutilahu diserahkan langsung oleh Wakil Wali Kota Tasikmalaya Muhammad Yusuf kepada Dayo yang disaksikan oleh warga sekitar. Yusuf mengatakan, program rutilahu ini merupakan janji politiknya bersama Budi Budiman untuk membantu masyarakat yang belum memiliki rumah layak huni.

"Target kami satu tahun itu 1.000 rumah rutilahu yang dibantu. Alhamdulilah, kini lebih dari 4.000 rumah sudah terealisasi. Apalagi saat ini ada bantuan juga dari Baznas untuk program rutilahu dan Dinas Sosial," ujar Yusuf.

Untuk satu rumah tidak layak huni pemerintah memberikan bantuan sebesar Rp17,5 juta. "Ulah dipeserkeun kana tv nya, (Jangan dibelikan TV ya) atau barang konsumtif lainnya, ini untuk membangun rumah," ucap Yusuf.

Yusuf menambahkan, pihaknya terus berupaya untuk membantu masyarakat yang saat ini tinggal di rumah tidak layak huni bekerja sama dengan baznas.

"Hari ini saya serahkan bantuan di dua tempat di Karikil dan Cihideung Balong. Sudah banyak yang kita berikan bantuan. Kemarin saja ada 16 titik di wilayah Tamansari  dan Cipedes," ujarnya kepada Ayotasik.com.

Yusuf berharap warga setempat turut membantu dengan bergotong royong dan swadaya dalam merehab rumah warga yang tidak layak huni.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar