Yamaha

Pemkot Tasik Lirik RS Tipe D Purbaratu Jadi Lokasi Isolasi Covid-19

  Jumat, 20 November 2020   Heru Rukanda
Bangunan rumah sakit tipe D Purbaratu masih dalam proses pembangunan, Rabu (18/11/2020). (Ayotasik.com/Heru Rukanda)

TAWANG, AYOTASIK.COM -- Terus meningkatnya kasus baru Covid-19 di Kota Tasikmalaya, Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya kini melirik Rumah Sakit Tipe D Purbaratu untuk dijadikan tempat isolasi pasien terkonfirmasi positif Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya Uus Supangat mengatakan, saat ini pihaknya masih terus merampungkan pembangunan rumah sakit tipe D yang ada di wilayah Kecamatan Purbaratu. Rumah sakit tersebut digadang-gadang bisa menampung pasien sekitar 70 sampai 100 pasien.

"Kendati saat ini bangunannya baru satu lantai, tetapi diharapkan bisa segera dimanfaatkan khususnya untuk kedaruratan isolasi," ujar Uus, Jumat (20/11/2020).

Ia menuturkan, sejauh ini dalam penanganan pasien tanpa gelaja dilakukan isolasi di Rusunawa Unsil di wilayah Kecamatan Tamansari dan yang bergelaja dirawat di rumah sakit.

"Saat ini ketersediaan ruangan di rusunawa masih ada. Namun, lantaran kasus baru terkonfirmasi positif Covid-19 terus mengalami peningkatan, maka kami lakukan langkah-langkah persiapan antisipasi lonjakan kasus," ucapnya.

Ia menambahkan, kalau rumah sakit tipe D Purbaratu sudah bisa digunakan, setidaknya akan mengurangi beban pemerintah kota dalam pembiayaan pasien karena biaya isolasi dan perawatan di rumah sakit bisa diklaimkan ke pemerintah pusat.

"Kalau yang diisolasi di rusunawa kan semuanya ditanggung pemerintah kota dengan menggunakan anggaran APBD. Sehingga kalau rumah sakit tipe D ini sudah bisa digunakan, anggaran APBD bisa lebih diefisienkan untuk kegiatan yang lain," ungkapnya.

Berdasarkan data dari Diskominfo Kota Tasikmalaya hingga Jumat (20/11/2020) total kasus terkonfirmasi positif Covid-19 berjumlah 590 kasus dengan penambahan sebanyak 66 kasus baru.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar