Yamaha

Akses Dua Desa di Cipatujah Terputus Dampak Longsor

  Jumat, 20 November 2020   Irpan Wahab Muslim
Tim dari Tagana, BPBD, TNI, Polri, Damkar dan masyarakat bergotong royong membersihkan material longsor yang memutuskan jalan penghubung Desa Ciandum dan Desa Sukahurip, Kecamatan Cipatujah. (Ayotasik.com/Irpan Wahab Muslim)

CIPATUJAH, AYOTASIK.COM -- Bencana longsor kembali terjadi di Kabupaten Tasikmalaya. Kali ini longsor terjadi di Kampung Mekarsari, Desa Ciandum, Kecamatan Cipatujah, Jumat (20/11/2020).

Akibat dari longsor yang berasal dari tebing setinggi puluhan meter itu, jalan penghubung dua desa yakni Desa Ciandum dan Desa Sukahurip, Kecamatan Cipatujah tertutup total.

Tim dari Tagana, BPBD, TNI, Polri, Damkar dan masyarakat pun langsung bergotong royong membersihkan material longsor yang diperkirakan sedalam satu meter lebih itu dengan alat seadanya dibantu satu mobil penyemprot air.

"Kejadian itu sekitar pukul 1 jumat dinihari. Pagi hari kami langsung melakukan pembersihan materil longsor agar jalan kembali bisa digunakan warga, " ucap Ketua FK Tagana Kabupaten Tasikmalaya Jembar Adisetya.

Jembar menambahkan, tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu. Setelah dilakukan pembersihan, akses jalan kembali bisa dilalui sementara dengan kendaraan roda dua.

"Alhamdulilah berkat gotong royong kita, akses jalan kembali bsa dibuka meskipun sementara hanya baru bisa dilalui kendaraan roda dua, " kata Jembar.

Jembar mengingatkan kepada warga bahwa bencana bisa terjadi kapan dan dimanapun apa lagi di saat situasi curah hujan saat ini. Bencana bukan tanggungjawab satu pihak atau instansi tapi tanggungjawab bersama kita semua termasuk warga masyarakat setempat.

"Ancaman dan situasi bencana ini bisa kita selesaikan dengan cepat dikala kebersamaan dan gotong royong hadir disana," ujar Jembar.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar