Yamaha

Pandemi Covid-19, KPU Kabupaten Tasik Tambah Jumlah TPS

  Sabtu, 21 November 2020   Irpan Wahab Muslim
Ilustrasi TPS. (Ayotasik/Irpan)

SINGAPARNA, AYOTASIK.COM -- KPU Kabupaten Tasikmalaya melakukan penambahan jumlah TPS untuk menghindari adanya kerumunan saat pencoblosan.  Pada Pemilu 2019 lalu atau saat pandemi Covid-19 belum melanda dunia, jumlah TPS di Kabupaten Tasikmalaya berjumlah 3.050 TPS. Jumlah itu mengalami penambahan menjadi 3.740 TPS saat pandemi Covid-19, atau bertambah 690 TPS.

Penambahan TPS itu, karena ada ketentuan pemilih di satu TPS jangan lebih dari 500 orang, jadi kita ada penambahan jumlah TPS.

"Satu TPS itu jumlahnya 300 maksimal 500 pemilih. Untuk itu kita ada penambahan TPS, " kata Komisioner KPU Kabupaten Tasikmalaya Divisi Teknis dan Penyelenggaraan Jajang Jamaludi, Sabtu (21/11/2020).

Dengan penambahan TPS tersebut, kata Jajang, berimbas pada penambahan petugas dan juga logistik TPS. Untuk jumlah petugas TPS tambahan adalah 690 TPS x 9 orang petugas, yakni sebanyak 6.210 orang.

Alhasil, kondisi itu berpengaruh pada bengkaknya penambahan kebutuhan anggaran untuk honorarium sebesar Rp 3,9 milyar ditambah kebutuhan alat pelindung diri sebesar Rp 2,7 milyar atau total sebesar Rp 6,6 milyar.

"Berkomitmen dan siap untuk melaksanakan Pilkada lanjutan, memilih Bupati dan Wakil Bupati Tasikmalaya Tahun 2020 dengan penuh integritas dan memperhatikan protokol kesehatan. " ucap Jajang.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar