Yamaha

48 Santri di Kecamatan Cibeureum Kota Tasik Terkonfirmasi Positif Covid-19

  Minggu, 22 November 2020   Heru Rukanda
Suasana di Kompleks Pesantren Riyadul Ulum Wadda'wah Kota Tasikmalaya, Minggu (22/11/2020). (Ayotasik.com/Heru Rukanda)

CIHIDEUNG, AYOTASIK.COM -- Kasus Covid-19 di Kota Tasikmalaya terus mengalami peningkatan, salah satunya dari klaster pesantren. Hari ini, Minggu (22/11/2020), tercatat total kasus mencapai 606 terkonfirmasi positif Covid-19 dengan penambahan kasus baru 5 orang.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya Uus Supangat mengatakan, pekan ini terjadi penambahan kasus baru hingga mencapai puluhan kasus. Salah satunya penambahan dari klaster pesantren baru di Kecamatan Cibeureum.

"Penambahan dari klaster pesantren baru ini berawal dari salah seorang santri yang baru pulang dan kembali ke pesantren. Santri tersebut mengeluhkan sakit dan hilangnya daya penciuman. Setelah dilakukan swab, ternyata hasilnya positif Covid-19," ujar Uus, Minggu (22/11/2020).

Ia menuturkan, pihaknya kemudian melakukan penelusuran terhadap kontak erat sebanyak 70 orang dan melaksanakan swab. Dari hasil swab tersebut didapati 48 santri yang terdiri dari 41 santri putri dan 7 santri putra terkonfirmasi positif Covid-19.

"Para santri yang terkonfirmasi positif Covid-19 sudah diisolasi di ruangan yang telah disiapkan pihak pesantren dengan pemantauan ketat dinas kesehatan," ucap Uus.

Ia menambahkan, pihaknya bersama pihak pesantren telah memisahkan santri yang bergejala dengan santri yang tidak bergejala maupun yang sehat. Pihak pesantren sudah menyiapkan 4 ruangan, yakni ruangan untuk yang terkonfirmasi positif Covid-19 asimptomatik, ruangan untuk kontak erat, ruangan untuk yang menunggu hasil swab, dan ruang untuk santri yang sehat.

"Isolasi sudah dilakukan di pesantren dengan penanganan 3 dokter dan puskestren. Pihak pesantren sudah menyediakan 4 ruangan untuk," ungkapnya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar