Yamaha

Jalani Isolasi, Seorang Pasien Covid-19 Meninggal Dunia karena Terjatuh dari Tangga

  Kamis, 26 November 2020   Heru Rukanda
Rusunawa Unsil tempat isolasi pasien Covid-19 tanpa gejala, Kamis (26/11/2020). (Ayotasik.com/Heru Rukanda)

TAMANSARI, AYOTASIK.COM -- Seorang pasien Covid-19 yang sedang menjalani isolasi di Rumah Susun Sewa (Rusunawa) Unsil di wilayah Kecamatan Tamansari, Kota Tasikmalaya, meninggal dunia setelah terjatuh dari tangga lantai 2, Kamis (26/11/2020.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Tasikmalaya Uus Supangat mengatakan, pasien tersebut terjatuh saat menuruni tangga lantai 2 Rusunawa. Korban terjatuh seusai menjalankan aktivitas kegiatan olahraga pagi.

"Pasien tersebut sebelumnya menjalani perawatan di ruang isolasi di rumah sakit umum dokter Soekardjo selama 2 pekan. Namun, lantaran kondisinya sudah mulai membaik dan tidak menunjukan gejala, maka pasien tersebut dipindah untuk menjalani isolasi di Rusunawa," ujar Uus.

Menurutnya, pasien yang diisolasi di Rusunawa itu setiap pagi menjalani aktivitas olahraga. Kemungkinan yang bersangkutan diduga mengalami heppy Hypoxi, yaitu disaat tubuh membutuhkan oksigen tetapi karena organnya pernapasan terinfeksi sehingga bisa kehilangan kesadaran dan terjatuh.

"Untuk penyebab pasti kematiannya kami juga belum mengetahuinya karena tidak dilakukan otopsi. Jenazahnya sudah dipulasara dan dimakamkan dengan protokol kesehatan," ucapnya.

Ia menuturkan, pasien berusia 24 tahun itu sudah seminggu diisolasi di Rusunawa dan tinggal menunggu hasil swab terakhir.

"Jadi setelah terjatuh, dokter dan perawat yang berjaga di Rusunawa langsung memberikan pertolongan pertama dengan maksimal, akan tetapi nyawanya tidak tertolong," ungkapnya.

Ia menambahkan, kejadian tersebut tentunya menjadi perhatian semua pasien yang menjalani isolasi untukĀ  lebih menjaga keamanan selama dalam masa karantina.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar