Yamaha

Menjelang Pemungutan Suara, Panwascam di Rapid Test

  Kamis, 26 November 2020   Irpan Wahab Muslim
Ilustrasi (Ayobandung)

SINGAPARNA, AYOTASIK.COM -- Sebanyak 157 orang pengawas pemilihan kecamatan (Panwascam) termasuk di dalamnya pengawas kelurahan/desa dan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) di rapid test di MTS Leuwiseeng Kecamatan Singaparna, Kamis (26/11/2020).

Sebelum diterjunkan ke TPS para pengawas di Pilkada Tasikmalaya ini harus menjalani rapid test dan bimbingan teknis (Bimtek) untuk dinyatakan terbebas dari virus Covid-19 dan aman serta sehat sehingga tidak menjadi pemicu penyebaran virus.

Ketua Panwascam Singaparna Zamzam Jamiatul Ma'arif mengatakan Panwascam Singaparna sedang melaksanakan rapid test terhadap para pengawas pemilihan kecamatan, kelurahan desa dan pengawas di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

"Setelah kegiatan rapid test, dilakukan bimbingan teknis bagi pengawas di TPS. Kegiatan ini dilakukan dalam dua sesi. Tahap pertama pukul 08.00 pagi sebanyak 70 orang dan sesi kedua pukul 14.00 sebanyak 50 orang," terang Zamzam.

Menurut Zamzam, jumlah keseluruhan pengawas di TPS 139 orang, di kelurahan atau desa sebanyak 10 orang dan pengawas kecamatan ada delapan orang yang semuanya mengikuti rapid test.

"Untuk hasil rapid test nya sendiri sampai hari ini belum keluar, bisa keluar satu sampai dua hari. Ketika semuanya sudah menjalani rapid test, mudah-mudahan hasilnya non reaktif nanti langsung diterjunkan ke TPS," papar Zamzam.

Zamzam menambahkan, untuk Alat Pelindung Diri (APD) lengkap dari Bawaslu sudah sampai ke Panwascam Singaparna, dan akan disalurkan ke pengawas desa dan TPS.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kabupaten Tasikmalaya Dodi Djuanda mengatakan, Rapid tes dilakukan serentak di seluruh wilayah Kabupaten Tasikmalaya. Hal ini guna memastikan seluruh lapisan bidang pengawasan bebas dari Covid-19.

"Besok hasilnya mungkin sudah ada, nanti kita rekap dulu. Yang pasti ini merupakan bagian dari upaya kita meminimalisir penyebaran Covid-19," ucap Dodi. 

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar