Yamaha

RSUD Dokter Soekardjo Bakal Tambah Ruang Isolasi Covid-19

  Jumat, 27 November 2020   Heru Rukanda
RS. dr Soekardjo. (Ayotasik.com/Heru Rukanda)

TAWANG, AYOTASIK.COM -- Terus bertambahnya kasus Covid-19 di Kota Tasikmalaya dalam 2 pekan terakhir ini membuat keterisian ruang isolasi dan perawatan di beberapa rumah sakit hampir penuh.

Kini Pemerintah Kota (Pemkot) Tasikmalaya pun mempersiapkan beberapa skenario untuk lokasi isolasi bagi pasien Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya Uus Supangat mengatakan, sampai Jumat (27/11/2020), kasus baru Covid-19 masih mengalami penambahan. Tercatat ada penambahan 5 kasus baru yang telah masuk ke dinas kesehatan.

"Jadi ruang isolasi perawatan pasien Covid-19 di beberapa rumah sakit yang di Kota Tasikmalaya termasuk di RSUD dr. Soekardjo. Untuk itu pihak rumah sakit pun akan menambah jumlah ruangan isolasi," ujar Uus.

Ia menuturkan, saat ini ruang isolasi di rumah sakit ini sebanyak 48 ruangan dan akan ditambah 6 ruangan lagi sehingga nantinya menjadi 54 ruangan.

Di samping itu, pihaknya mempersiapkan Rumah Sakit tipe C Dewi Sartika dan rumah sakit tipe D Purbaratu untuk menjadi tempat isolasi.

"Sampai saat ke-2 rumah sakit tersebut masih dalam proses pembangunan dan akan dikebut pengerjaannya supaya segera bisa digunakan. Rencananya rumah sakit itu untuk menangani pasien yang sifatnya kedaruratan," ucap Uus.

Uus menyebut, pasien Covid-19 yang terus bertambah ini berdampak terhadap antrean pasien di rumah sakit. Sehingga pasien-pasien yang sudah mulai pulih dan sudah tidak menunjukkan gejala proses pemulihannya dipindahkan ke lokasi isolasi pasien tanpa gejala yang dipusatkan di Rusunawa Unsil di Kecamatan Tamansari.

"Saya khawatir bila pasien terus bertambah sementara ruang isolasi penuh dengan keterbatasan tenaga medis akan memperburuk situasi," ungkapnya.

Dirinya menambahkan, selain menyiapkan 2 rumah sakit tipe C Dewi Sartika dan rumah sakit tipe D Purbaratu, pihaknya juga akan menjajaki kembali beberapa hotel untuk dijadikan tempat isolasi.

"Hasil rapat evaluasi satgas Covid-19 kemarin ada wacana kembali untuk menyewa hotel sebagai lokasi isolasi dan ada satu hotel yang telah bersedia," tuturnya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar