Yamaha

Untuk Atasi Covid-19, Pemkab Tasikmalaya Canangkan Rp25 Milar dalam APBD 2021

  Selasa, 01 Desember 2020   Irpan Wahab Muslim
Ketua DPRD Kabupaten Tasikmalaya Asep Sopari Alayubi (ayotasik.com/Irpan Wahab Muslim)
SINGAPARNA, AYOTASIK.COM -- Ketua DPRD Kabupaten Tasikmalaya Asep Sopari Alayubi mengatakan, sekitar Rp25 miliar masuk dalam Biaya Tak Terduga (BTT) tahun anggaran 2021. Angka tersebut merupakan usulan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) melalui berbagai pertimbangan yang realistis, khususnya untuk penanganan bencana nonalam laiknya pandemi covid-19.
 
Asep juga menambahkan, usulan itu tertuang dalam kebijakan umum APBD dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA PPAS) dan sudah dilakukan pembahasan di Banggar.
 
"Persoalan tidak cukup untuk penanganan bencana nonalam ini, tentu ada mekanisme pergeseran yang akan dijalankan pemerintah nanti," kata Asep yang ditemui di kantornya, Selasa (1/12/2020).
 
Menurut Asep, meskipun baru dicanangkan Rp25 miliar di APBD 2021. Akan tetapi masih ada kemungkinan terjadi perubahan angka sebelum APBD 2021 ditetapkan. Namun menurutnya, pemerintah daerah masih memiliki sisa anggaran Rp30 miliar dari total Rp90 miliar di APBD perubahan tahun anggaran 2020 lalu. Artinya,dari total BTT Rp 90 miliar, baru terserap Rp60 miliar sehingga terdapat sisa BTT Rp 30 miliar di APBD perubahan terdahulu.
 
"Artinya dalam sisa waktu hingga 31 Desember 2020 nanti, masih ada BTT Rp30 miliar yang bisa diserap dan dimaksimalkan pemerintah untuk percepatan penanggulangan dan penanganan Covid-19 di Kabupaten Tasikmalaya," ungkap Asep.
 
saat ini, lanjut Asep, anggaran Rp 30 miliar ini akan dimanfaatkan secara maksimal untuk mengantisipasi kondisi di wilayah tersebut. Khususnya mengantisipasi ledakan kasus Covid-19 dan atau penanganan bencana lainnya.
   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar