Yamaha

KPU Diminta Segera Tindak Lanjuti Rekomendasi Bawaslu

  Senin, 04 Januari 2021   Irpan Wahab Muslim
PP bersama sejumlah ormas di Kabupaten Tasikmalaya melakukan audiensi dengan KPU Kabupaten Tasikmalaya, Senin (4/1/2021). (Ayotasik.com/Irpan Wahab Muslim)

SINGAPARNA, AYOTASIK.COM -- KPU Kabupaten Tasikmalaya diminta menindaklanjuti surat rekomendasi Bawaslu dengan cepat dan tepat, sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku pada Undang-undang No. 10 tahun 2016 tentang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

KPU juga diminta untuk netral dan profesional dalam menjalankan tugasnya sebagai penyelenggara Pilkada Kabupaten Tasikmalaya tahun 2020.

Hal itu disampaikan Pemuda Pancasila (PP) bersama sejumlah ormas lainnya saat beraudensi dengan komisioner KPU Kabupaten Tasikmalaya di kantor KPU Kabupaten Tasikmalaya, Senin (4/1/2020).

AYO BACA : Harga Kedelai Naik, Ukuran Tempe Diperkecil, Tahu Makin Jarang Produksi

Kedatangan mereka menyoroti surat rekomendasi Bawaslu ke KPU tentang dugaan pelanggaran administrasi pemilu oleh calon petahana bupati Tasikmalaya nomor urut 2 Ade Sugianto.

"Kami juga meminta salinan berkas dari Bawaslu yang di-share-kan kepada KPU Kabupaten Tasikmalaya terkait surat rekomendasi tanggal 26 Desember 2020. Nomor lampiran surat dimaksud adalah 07/Reg/LP/PB/Kab/13.26/XII/2020," ujar Wakil Ketua 1 MPC PP Kabupaten Tasikmalaya Asep Miftahul Huda.

Ditambahkan Asep, arahan dari KPU Provinsi Jawa Barat, pihaknya sebagai pemohon harus bersurat secara resmi kepada KPU Kabupaten Tasikmalaya. Dengan begitu pihaknya mendapat jaminan dari KPU Kabupaten Tasikmalaya bahwa permintaannya akan terkabul setelah surat disampaikan.

AYO BACA : Kondisi Korban Penganiayaan Geng Motor Mulai Membaik

KPU sendiri akan meneruskan surat tersebut ke Bawaslu Kabupaten Tasikmalaya. “Kami akan langsung kirim surat ke KPU hari ini juga. Jadi sebelum salinan berkas itu kami terima, kami akan menunggu dan tidak akan pulang," tegas Asep.

Sementara itu, Komisioner KPU Kabupaten Tasikmalaya Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM Isti'anah menjelaskan, KPU akan bekerja sesuai regulasi dan perundang-undangan yang berlaku.

Adapun terkait tindak lanjut dari rekomendasi Bawaslu, ia hanya mengatakan semua pihak agar menunggu sampai pihaknya mengumumkan keputusan.

"Kami tidak bisa memberikan penjelasan sedang apa hari ini, kemudian apa yang dikaji dan lain sebagainya. Tunggu saja, nanti akan kita umumkan. Yang utama sesuai regulasi, kapan dan kapan, nanti malah jadi blunder. Kita akan patuh pada regulasi termasuk tenggang waktu," ujar Isti'anah.

AYO BACA : Naik Pangkat, Puluhan Personel Polresta Tasikmalaya Disiram Water Canon

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar