Yamaha

22 Puskesmas di Kota Tasik Jadi Lokasi Vaksinasi Covid-19

  Rabu, 06 Januari 2021   Heru Rukanda
Puskesmas Induk Mangkubumi Kota Tasikmalaya. (Ayotasik.com/Heru Rukanda)

INDIHIANG, AYOTASIK.COM -- Dinas Kesehatan Kota mempersiapkan sejumlah fasilitas kesehatan (faskes) untuk dijadikan lokasi vaksinasi Covid-19. Setidaknya ada 26 faskes yang telah disiapkan oleh pihak dinas kesehatan.

"Ya, dalam surat keputusan kami itu ada 22 puskesmas, RSUD dr Soekardjo, dan 3 klinik milik TNI Polri, jadi totalnya 26 fasilitas kesehatan untuk lokasi vaksinasi," ujar Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kota, Asep Hendra Hendriana, Rabu (6/1/2021).

AYO BACA : Pemprov Jabar Bahas Kebijakan Pusat soal PSBB Jawa-Bali

Menurutnya, pada gelombang pertama vaksinasi dilaksanakan untuk para tenaga kesehatan (nakes) dulu. Kemudian dilanjutkan dengan petugas pelayanan publik lainnya seperti TNI-Polri, Aparatur Sipil Negara (ASN) guru, dan petugas pelayanan publik lainnya.

"Untuk pertama nakes dulu yang akan di vaksin," ucapnya.

AYO BACA : Tiga Residivis Curanmor Kompak Curi Motor di 12 TKP

Ia menuturkan, terkait waktu pelaksanaan vaksinasi akan dilaksanakan Januari ini. Namun, untuk tanggal pastinya masih belum jelas. Ada informasi tanggal 14, 22, dan 24 Januari 2021.

"Kita masih menunggu intruksi dari pemerintah pusat dan provinsi. Namun, yang jelas vaksinasi akan dilaksanakan serempak bersamaan dengan presiden dan seluruh nakes di seluruh Indonesia pada waktu yang telah ditentukan," paparnya.

Ia menambahkan, kuota vaksin yang diberikan oleh Provinsi Jawa Barat (Jabar) untuk Kota Tasikmalaya sebanyak 5.906 dosis.

"Jumlah itu jatah dari provinsi bukan usulan dari bawah karena ini sifatnya top down. Kita hanya menerima tidak mengusulkan," pungkasnya.

AYO BACA : Waduh Indonesia Cetak Rekor Baru Lagi, Kasus Tambahan Covid-19 Dekati 9 Ribu

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar