Yamaha

Viral Deklarasi Tentara Allah, Wagub Jabar: Ulah Getas Harupateun

  Kamis, 07 Januari 2021   Heru Rukanda
Tangkapan layar video viral Deklarasi Tentara Allah di Bandung Barat. (YouTube)

MANONJAYA, AYOTASIK.COM -- Belakangan ini jagad dunia maya dihebohkan dengan sebuah video deklarasi masyarakat sebagai Laskar Junddullah atau Tentara Allah di Kabupaten Bandung Barat.

Menanggapi soal video deklarasi Tentara Allah, Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat (Jabar) Uu Ruzhanul Ulum mengatakan, masyarakat atau yang lainnya jangan terlalu agresif dalam menghadapi perilaku atau pun aksi masyarakat, termasuk juga dalam aksi-aksi keagamaan dalam kegiatan keagamaan yang mungkin dianggap tidak sesuai bahkan menyalahi aturan agama atau tidak berlaku secara umum.

AYO BACA : Pembatasan Aktivitas 11-25 Januari di Jawa-Bali tak Berlaku untuk Semua Daerah

"Jadi ulah getas harupateun (red: jangan gampang menuduh/menghukumi), ikuti saja apa yang diarahkan pemerintah dan majelis ulama indonesia (MUI)," ujar Uu, Kamis (7/1/2021).

Namun menurut dia, mengeluarkan pendapat itu sah-sah saja, akan tetapi jangan langsung membagikan atau meramaikannya ke ruang publik, sehingga membuat umat menjadi bingung, apalagi bagi yang pemahaman agamanya lemah.

AYO BACA : Warga Kabupaten Tasik soal Vaksin: Gak Mungkin Pemerintah Gegabah!

"Saya minta masyarakat jangan melakukan kegiatan aneh-aneh yang melanggar agama, negara, dan yang tidak biasa. Ikuti saja apa yang pemerintah dan MUI sampaikan karena sumbernya resmi," kata dia.

Sekadar diketahui, beredar viral di media sosial video sekelompok warga yang merupakan jemaah masjid di Kampung Sasak Bubur, Desa Mekarmukti, Kecamatan Bandung Barat (KBB), mendeklarasikan pembentukan Laskar Jundullah atau Tentara Allah.

Dalam video berdurasi 2,51 menit tersebut, terlihat pimpinan jemaah bernama Erwan Sa'ad berdiri di tengah mengenakan gamis putih, memimpin dan mengucapkan deklarasi pembentukan jemaah Tentara Allah dibarengi jemaah yang lain. Bahkan beberapa jemaah di antaranya masih anak-anak.

AYO BACA : Kang Uu Minta Warga Jabar Tak Ragu Soal Vaksinasi Covid-19

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar