Yamaha

Pemerintah akan Tes Antigen Pengguna Transportasi Darat dan Kapal Penyebrangan Secara Acak

  Senin, 11 Januari 2021   Republika.co.id
ilustrasi rapid test antigen. (Ayobandung.com)

JAKARTA, AYOTASIK.COM -- Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan melakukan rapid tes antigen secara acak untuk pengguna transportasi darat dan kapal penyebrangan hingga 25 Januari nanti.

 "Pelaksanaan rapid test antigen secara acak dilakukan dengan tim gabungan," kata Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi kepada Republika, Senin (11/1).

Budi menjelaskan, dalam pelaksanaannya nanti akan dilakukan di setiap terminal bus tipe A. Dia menegaskan, hal tersebut juga akan dilakukan  di pelabuhan yang melayani kapal penyeberangan.

 Dia memastikan, saat ini masih terus disiapkan pelaksanaan rapid test antigen secara acak untuk transportasi darat dan penyebrangan. "Saya sedang minta dulu alatnya ke Satgas Covid-19," ujar Budi.

Khusus di Jakarta, Budi menargetkan rapid test antigen akan dilakukan di beberapa terminal dan lokasi penyekatan mulai esok (Selasa, 12/1). Selanjutnya, secara luas akan dilakukan pada lusa (Rabu, 13/1) agar rapid test antigen secara acak dilakukan secara maksimal.

Sebelumnya, Kemenhub sudah menerbitkan Surat Edaran (SE) Petunjuk Pelaksanaan (Juklak) Perjalanan Orang untuk moda transportasi darat, laut, udara, dan kereta api. Penerbitan SE tersebut merujuk pada SE Satgas Penanganan Covid-19 Nomor 1 Tahun 2021 tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri Pada Masa Pandemi Covid-19 yang terbit pada 9 Januari 2021.

Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati mengatakan, sesuai SE juklak tersebut, untuk pelaku perjalanan ke Bali melalui transportasi darat termasuk sungai, danau, dan penyeberangan baik pribadi maupun umum, wajib menunjukkan surat keterangan hasil negatif PCR atau nonreaktif rapid test antigen. Sampel tersebut diambil dalam kurun waktu maksimal tiga hari sebelum keberangkatan.

"Untuk perjalanan ke daerah lainnya selain ke Bali juga melakukan PCR atau rapid test antigen, pelaku perjalanan yang menggunakan transportasi umum darat dilakukan tes acak bila diperlukan oleh Satgas Penanganan Covid-19 di daerah," kata Adita.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar