Yamaha

Alasan Kabupaten Tasikmalaya Tak Akan Gelar Simulasi Vaksinasi Covid-19

  Rabu, 13 Januari 2021   Irpan Wahab Muslim
ilustrasi -- simulasi vaksinasi covid-19 (Ayobandung.com)
SINGAPARNA, AYOTASIK.COM -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tasikmalaya sudah menyiapkan beberapa langkah menyambut program vaksinasi Covid-19. Salah satunya dengan sosialisasi kepada seluruh puskesmas dan warga.
 
Kepala Bidang (Kabid) Penanganan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan dan Pengendalian Penduduk (DKPP) Kabupaten Tasikmalaya Atang Sumardi mengatakan, persiapan untuk vaksinasi akan dibentuk Korim atau Kordonator Imunisasi di setiap puskesmas yang akan bertindak menangani imunisasi masal. 
 
Sementara untuk penyimpanan vaksin, telah dipersiapkan ruangan pendingin khusus di kantor Dinas kesehatan. Sebab nantinya vaksin yang diterima akan didistribusikan bertahap ke setiap puskesmas dan klinik. 
 
"Persiapan kita sudah dipetakan, termasuk nanti penyimpanan vaksin. Meskipun saat ini kita belum dapat jatah dan waktu vaksinasinya kapan," ucap Atang, Rabu (13/1/2021).
 
Namun, kata Atang, pihaknya tidak akan melakukan simulasi vaksinasi. Hal tersebut dilakukan lantaran petugas di puskesmas sudah terbiasanya melakukan vaksinasi. Sementara untuk mengetahui riwayat penyakit yang diderita warga penerima vaksin, akan dilakukan screening melalui formulir. 
 
"Jadi nanti kita screeaning melalui isian formulir. Kalau yang riwayat penyakit jantung, hipertensi atau diabetes baru itu tidak bisa divaksin. Ada 12 item nanti yang harus diisi oleh warga penerima vaksin," ucap Atang.
   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar