Yamaha

Warga: Ketinggian Banjir Sukaresik Pernah Capai 2 Meter

  Rabu, 13 Januari 2021   Heru Rukanda
Nunah, warga korban banjir di Kampung Bojong Soban, Desa Tanjungsari, Kecamatan Sukaresik, Kabupaten Tasikmalaya, membersihkan teras rumahnya dari lumpur dan air banjir luapan Sungai Citanduy dan Cikidang, Rabu (13/1/2021). (Ayotasik.com/Heru Rukanda)
SUKARESIK, AYOTASIK.COM -- Warga di Kampung Bojong Soban, Desa Tanjungsari, Kecamatan Sukaresik Kabupaten Tasikmalaya, yang rumahnya terendam banjir mulai membersihkan rumahnya lantaran air sudah mulai surut, Rabu (13/1/2021). 
 
Banjir yang mulai masuk ke pemukiman sekira pukul 22.00 WIB, Selasa (12/1/2021) dengan ketinggian mencapai lebih kurang 60 centimeter, kini berangsur surut dan ketinggiannya mencapai 5 sampai 10 centimeter. 
 
Salah seorang warga, Nunah (53) mengatakan, banjir yang masuk ke rumah warga biasa cepat surut. Namun, kali ini cukup lama lantaran debit air di sungai Citanduy masih tinggi. 
 
"Banjir sekarang sih gak terlalu tinggi. Ini banjir musiman kalau masuk musim hujan," ujar Nunah, Rabu (13/1/2021).
 
Pantauan Ayotasik.com, sampai pukul 12.30 WIB, banjir yang merendam puluhan rumah warga di Kampung Bojong Soban sudah mulai surut. Warga pun tampak membersihkan lumpur yang ikut masuk bersama air banjir di pekarangan maupun di dalam rumah. 
 
"Dulu pernah banjir sampai 1,5 sampai 2 meter tingginya,"ucap Nunah sembari membersihkan teras rumahnya. 
 
Ia menuturkan, setiap musim hujan apalagi hujannya terus-menerus bisa dipastikan akan banjir. Lantaran banjir musiman itu berasal dari luapan sungai Citanduy dan Cikidang yang mengapit Kampung Bojong Soban. 
 
"Barang-barang dagangan saya masukan ke karung dan disimpan ke langit-langit rumah karena warung juga terendam banjir saat itu," ungkapnya. 
 
Ia menambahkan, kalau banjir tinggi, dirinya mengungsi ke rumah anaknya yang sudah ada lantai 2. 
 
"Ngungsi ke rumah anak, kan ada loteng rumahnya jadi gak kebanjiran," tandasnya. 
   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar