Yamaha

Petugas Pemakaman Terbatas, Kapolsek Ciawi Ikut Makamkan Jenazah Pasien Covid-19

  Rabu, 13 Januari 2021   Heru Rukanda
Kapolsek Ciawi Kompol Dies Ratmonio (memakai APD putih) saat memimpin proses pemakaman jenazah yang terkonfirmasi positif Covid-19 di wilayah Ciawi, Rabu (13/1/2021). (Ayotasik.com/Heru Rukanda)
CIAWI, AYOTASIK.COM -- Terbatasnya petugas pemakaman yang memahami protokol kesehatan dalam proses pemakaman pasien Covid-19, membuat pihak kepolisian turun tangan untuk turut menjadi petugas pemakaman. 
 
Seperti halnya yang dilakukan Kapolsek Ciawi Kompol Dies Ratmono yang memimpin proses pemakaman dengan protokol kesehatan. 
 
"Kalau petugas pemakaman memang ada. Namun, yang paham soal protokol kesehatan saat proses pemakaman pasien terkonfirmasi positif Covid-19 sangat sedikit," ujar Dies seusai pemakaman pasien Covid-19 di wilayah Kecamatan Ciawi, Rabu (13/1/2021).
 
Ia mengatakan, sambil menunggu jenazah yang terkonfirmasi positif Covid-19 datang, pihaknya melakukan simulasi pemakaman terlebih dahulu agar para warga yang bertugas memakamkan paham. 
 
"Semua memakai APD lengkap termasuk saya yang mimpin pemakaman,"ucapnya. 
 
Ia menuturkan, para petugas pemakaman di wilayah Kecamatan Ciawi juga masih sedikit yang paham mengenai proses pemakaman jenazah terkonfirmasi positif Covid-19. Selain itu, ada yang merasa takut jika memakamkan jenazah yang terkonfimasi Covid-19. 
 
"Saya sudah berkoordinasi dengan ketua satgas Covid-19 Kecamatan Ciawi untuk melakukan pelatihan pemakaman jenazah yang terkonfirmasi positif Covid-19, sehingga ke depannya jika ada yang meninggal lantaran Covid-19 sudah paham dan tahu apa yang harus dilakukan,"tuturnya. 
 
Dies menambahkan, dirinya turun langsung memimpin pemakaman sekaligus untuk mengedukasi masyarakat tentang protokol kesehatan sehingga masyarakat khususnya petugas pemakaman tidak takut dan khawatir dalam memakamkan jenazah terkonfirmasi positif Covid-19. 
 
"Edukasi ini sangat penting untuk menghilangkan stigma negatif dari masyarakat terkait virus Corona," tandasnya. 
   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar