Yamaha

Drainase Tersumbat Sampah, Jalan Singaparna Tergenang

  Kamis, 14 Januari 2021   Irpan Wahab Muslim
Tumpukan sampah berupa plastik, botol dan ranting berhasil dibersihkan dari saluran drainase di depan Alun-alun Singaparna (Ayotasik.com/Irpan Wahab Muslim)
SINGAPARNA, AYOTASIK.COM -- Setiap kali hujan mengguyur wilayah Tasikmalaya, badan jalan tepatnya di depan Alun-alun Singaparna selalu digenangi air. Hal itu disebabkan, drainase tidak berjalan dengan baik karena tersumbat sampah.
 
Melihat kondisi itu, petugas dari Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Jawa Barat turun tangan. Mereka membersihkan saluran drainase dari sampah. Hasilnya, tumpukan sampah berupa plastik, botol dan ranting berhasil dibersihkan dari saluran drainase.
 
Rosidin (47) salah satu petugas mengatakan, pihaknya datang berdasarkan informasi warga tentang adanya genangan air yang cukup mengganggu. Dari hasil perbaikan diketahui, kondisi drainase yang tersumbat menjadi penyebab terjadinya genangan air.
 
"Karena sampah, sampah sudah terlalu banyak menumpuk akhirnya menyumbat saluran," ucap Rosidin, Kamis (14/1/2021).
 
Setelah lebih dari 2 jam dibersihkan, air yang menggenang badan jalan perlahan surut. Sampah yang berhasil diangkatpun dibuang ke tempat pembuangan sementara.
 
"Jadi untuk langkah ke depannya, kami laporkan kepada pimpinan. Apakah nanti drainasenya diperluas atau seperti apa. Kami di sini hanya memeriksa dan membersihkan sampah dari saluran drainase," ujar Rosidin.
 
Sementara itu, Rojak (40) salah satu pedagang di depan Alun-alun Singaparna menuturkan, setiap terjadi hujan genangan air selalu muncul. Kondisi ini sudah berjalan lebih dari satu tahun.
 
"Ada setahun lebih tidak pernah dibersihkan. Selalu ada air yang menggenang kalau udah hujan. Lalu lintas jadi macet, jalan juga jadi berlubang," ucap Rojak.
   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar