Yamaha

Tim Gegana Ledakan Mortir Aktif dari Bantaran Sungai Ciloseh Tasik

  Jumat, 15 Januari 2021   Heru Rukanda
Tim Gegana Krops Brimob Polda Jabar meledakan mortir yang ditemukan di bantaran Sungai Ciloseh Kampung Plang, Kelurahan Sukamanah, Kecamatan Cipedes, di Lokasi galian C Kampung Babakan Erwan, Kelurahan Sukalaksana, Kecamatan Bungursari, Kota Tasikmalaya, Jumat (15/1/2021). (Ayotasik.com/Heru Rukanda)

BUNGURSARI, AYOTASIK.COM -- Tim Gegana Korps Brimob Polisi Daerah (Polda) Jawa Barat (Jabar) meledakan mortir yang ditemukan warga di bantaran Sungai Ciloseh, di Kampung Plang, Kelurahan Sukamanah, Kecamatan Cipedes, Kota Tasikmalaya, Kamis (14/1/2021).

Peledakan mortir tersebut dilakukan di daerah penambangan pasir galian C di Gunung Putat, Kampung Babakan Erwan, RT 02 RW 02, Kelurahan Sukalakasana, Kecamatan Bungursari, Kota Tasikmalaya, Jumat (15/1/2021).

Kepala Bagian Operasi (Kabag Ops) Polresta Tasikmalaya Kompol Shohet mengatakan, peledakan benda yang diduga mortir tersebut dilakukan oleh tim gegana penjinak bom Polda Jabar.

"Alhamdulillah, peledakan atau pemusnahan benda yang diduga mortir ini berjalan lancar," ujar Shohet di lokasi peledakan mortir.

Menurutnya, dari keterangan tim gegana memang mortir tersebut masih aktif. Terdengar suara ledakan meski tidak begitu besar. "Masih aktif mortirnya," ucapnya.

Ia menjelaskan, peledakan dilakukan dengan cara dipasang alat untuk melubangi badan mortir oleh tim gegana. Pihaknya tidak mengetahui secara pasti soal kenapa ada mortir di bantaran Sungai Ciloseh, apakah sisa perang zaman dulu atau sisa apa.

"Ini mortir ukuran 40. Ukuran paling kecil," ungkapnya.

Shohet menambah, sejauh ini peledakan berjalan aman dan lancar dan tidak ada dampak karena dilakukan di tengah galian pasir. Sebelum itu, masyarakat diminta menjauh dulu selama proses peledakan mortir.

"Mortir sisa ledakan diamankan tim gegana," pungkasnya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar