Yamaha

Gempa Pangandaran, Wilayah Priangan Timur Lain Ikut Diguncang

  Jumat, 15 Januari 2021   Ananda Muhammad Firdaus
Ilustrasi gempa. (Pixabay)

PANGANDARAN, AYOTASIK.COM -- Gempabumi tektonik bermagnitudo 4,7 mengguncang Kabupaten Pangandaran, Jumat (15/1/2021) sekira pukul 21.17 WIB.

Menurut BMKG, gempabumi ini terletak pada koordinat 8.48 LS dan 108.66 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 88 km Tenggara Kabupaten Pangandaran pada kedalaman 57 kilometer.    

"Gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas zona subduksi Lempeng Indo-Australia yang menunjam ke bawah Lempeng Eurasia," kata Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang Hendro Nugroho.

Terkait dampak, gempabumi ini dirasakan di wilayah Tasikmalaya, Pangandaran, dan Cisompet dengan skala intensitas III MMI atau getaran dirasakan seperti ada truk lewat dekat rumah.

Lalu di Bayongbong, Pamarican, Ciamis, Banjar Pataroman, Cipatujah, Cikajang, Cigedug, Garut dengan skala intensitas II MMI atau getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda – benda tergantung bergoyang.

"Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut," kata dia.
    
Hingga pukul 21.35 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan. "Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," ujar dia.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar