Yamaha

Kepatuhan Prokes Masyarakat Sangat Rendah, Ridwan Kamil 'Semprot' Pemkab Tasikmalaya

  Rabu, 20 Januari 2021   Irpan Wahab Muslim
ilustrasi -- Kesadaran Prokes Warga Kabupaten Tasikmalaya Terendah di Jabar (Ayotasik.com/Irpan Wahab Muslim)
SINGAPARNA, AYOTASIK.COM -- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Tasikmalaya, Rabu (20/1/2021). Dalam kunjungannya itu, Ridwan Kamil menggelar rapat penanganan Covid-19 di Kabupaten Tasikmalaya di Pendopo Baru Setda Kabupaten Tasikmalaya, 
 
Dalam kunjungannya, Ridwan Kamil didampingi Kapolda Jabar Irjen Ahmad Dofiri beserta jajaran Tim Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Jabar dan diterima oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tasikmalaya Mohamad Zen.
 
Dalam rapat yang dihadiri Satgas Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Tasikmalaya itu, Ridwan Kamil 'semprot' jajaran Pemkab Tasikmalaya lantaran lengah dalam menerapkan kebijakan terkait kepatuhan protokol kesehatan covid-19 bagi masyarakatnya. Bukan hanya itu, Ridwan Kamil juga mewajibkan kepala atau pimpinan daerah turun langsung ke lapagan dalam penanganan dan pencegahan penyebaran Covid-19.
 
"Dalam penanganan dan penanggulangan Covid-19 pimpinannya harus turun langsung, baik Bupati dan Sekdanya. Jadi tidak hanya melaksanakan rapat-rapat saja. Harus turun bersama pemimpinnya ke lapangan," ungkap Ridwan Kamil.
 
Mantan Wali Kota Bandung itu juga menambahkan, alasan menggelar rapat penanganan Covid-19 bersama ini lantaran, pihaknya mendapati hasil survei dan evaluasi bahwa dalam kepatuhan protokol kesehatan masyarakat Kabupaten Tasikmalaya masih sangat rendah terutama kedisiplinan dalam memakai masker.
 
"Salah satu alasan kita ke sini, karena masih rendahnya kepatuhan masyarakat dalam memakai masker. Itu biasanya terjadi karena razia kurang rutin, sehingga masyarakat lengah, tidak patuh dan menganggap Covid-19 tidak ada," ungkap Ridwan Kamil.
 
Masih rendahnya kepatuhan dalam memakai masker di Kabupaten Tasikmalaya ini, kata Ridwan Kamil, harus menjadi koreksi bagi pemerintah daerah dalam hal ini dinas kesehatan Kabupaten Tasikmalaya agar kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan tidak menjadi jangan kendor. Ridwan Kamil pun mengingatkan agar anggota kepolisian rutin melaporkan aktivitas di ruang publik.
 
"Jika persentase laporan rendah, saya meminta untuk lebih serius agar menjadi lebih baik. Jika capek semua juga capek, tapi ini untuk kebaikan bersama," ujar Ridwan Kamil.
 
Dalam kunjungan kerja tersebut, Ridwan Kamil bersama rombongan juga melakukan peninjauan tempat isolasi tingkat kecamatan di Puskesmas Tenawati Desa Singasari Kecamatan Singaparna. Mereka pun melanjutkan meninjau operasi yustisi masker di Alun-alun Singaparna Kabupaten Tasikmalaya.
   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar