Yamaha

Pakar Telematika Beberkan Fakta Tanda S.O.S Korban Sriwijaya Air

  Rabu, 20 Januari 2021   Suara.com
Tanda SOS di Pulau Laki (Google Maps)

AYOTASIK.COM -- Tanda SOS di Pulau Laki menjadi sorotan di tengah kecelakaan pesawat Sriwijaya Air. Bahkan ada persepsi jika tanda SOS itu menandakan masih adanya korban selamat kecelakaan Sriwijaya Air. Publik berharap kemunculan tanda itu merupakan sinyal yang dikirimkan penumpang Sriwijaya Air yang masih hidup.

Namun faktanya, Pakar telematika Roy Suryo mengungkapkan jika tanda S.O.S di Pulau Laki hoaks alias hasil editan. Roy Suryo juga menyebut, simbol yang muncul ketika mencari Pulau Laki melalui aplikasi Google Maps tersebut hanya ulah iseng seseorang.

Dalam cuittan tersebut, Roy Suryo mengungkit sejumlah hoaks yang belakangan marak terjadi seperti editan foto pesawat, suara angin yang dikira teriakan, dan potret 'merapi merekah'. Hal ini ia sampaikan melalui cuitan terbarunya di akun @KRMTroySuryo2.

"Tweeps, setelah foto editan 'pesawat', suara angin yang dikira 'teriakan' dan editan 'Merapi Merekah', kini netizen heboh tanda 'SOS' di P. Laki via Google Maps," tulis Roy Suryo dikutip dari Suara.com, Rabu (20/1/2021.

Menurut Roy Suryo, adanya S.O.S di dekat tempat jatuhnya Pesawat Sriwijaya Air SJ182 adalah ulah iseng seseorang Pasalnya, beberapa hari lalu kata dia tempat ini masih bertuliskan kalimat lain seperti "tukang sate' dan "wahana anak-anak".

"Ini jelas orang iseng. Karena 6 hari lalu tanda tersebut masih 'tukang sate' terus ganti 'wahana anak-anak' yang ramai di TikTok," tandas Roy Suryo.

Roy Suryo menyematan tangkapan layar foto dari Google Maps memperlihatkan foto Pulau Laki, tanda SOS, dan komentar publik.

Sebelumnya, Di belahan selatan Pulau Laki, terdapat simbol hijau bertuliskan SOS. Hal ini yang kemudian membuat publik ramai-ramai membanjiri unggahan akun Instagram Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Bassarnas), @SAR_Nasional.

Publik dalam kolom komentar memberi tahu soal munculnya simbol tersebut sehingga bisa ditindaklanjuti.

"Pak cek sinyal SOS di Pulau Laki," kata @Tubagusilham27.

"Pak cek tandas SOS di maps Pulau Laki, Pak. Barangkali ada something yang butuh bantuan bapak. Tapi kalau cuma ada orang iseng, toong diceburin laut aja," balas @anindyamahestri.

"Pak tolong cek Google Maps untuk Pulau Laki ada sinyal SOS pak. Semoga ada keajaiban untuk para korban Sriwijaya Air SJ182," timpal @thiaraiiu.

"Barusan saya cek Google Maps ada sinyal SOS di Pulau Laki. Barangkali ada mukjizat penumpang yang terdampar dan masih hidup. Berharap semoga ada tindakan pencarian lagi," sahut @dindaagustiah_.

Pihak Google memang kerap memberikan tanda khusus apabila terjadi bencana atau insiden tertentu.

Sebelumnya, di area jatuhnya Sriwijaya Air SJ182 juga sempat muncul simbol SOS berupa tanda seru bewarna merah dengan keterangan "Insiden Pesawat Sriwijaya Air".

Meski begitu, untuk pemberian sinyal SOS di Pulau Laki, pihak Google sampai artikel ini diturunkan belum memberikan klarifikasi.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar