Yamaha

Nakes Miliki Komorbid dan Pernah Covid-19 Tidak Akan Divaksin

  Minggu, 24 Januari 2021   Heru Rukanda
Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya Asep Hendra Hendriana

INDIHIANG, AYOTASIK.COM - - Mengantisipasi tenaga kesehatan (nakes) yang tidak hadir untuk divaksin, Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya mengaku sudah mengumpulkan organisasi profesi untuk menyukseskan program vaksinasi nanti.

Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya Asep Hendra Hendriana mengatakan, sesuai dari arahan menteri kesehatan (menkes) bahwa pada Pebruari 2021 seluruh harus sudah selesai divaksinasi Covid-19.

"Kita sudah kumpulkan organisasi profesi nakes dan menjelaskan serta mengajak untuk menyukseskan vaksinasi Covid-19 di Kota Tasikmalaya," ujar Asep saat dihubungi melalui sambungan telepon, Minggu (24/1/2021).

Asep menuturkan, nakes yang sudah terdaftar sebagai penerima vaksin diharapkan untuk datang ke fasilitas kesehatan yang telah disiapkan sebagai lokasi untuk vaksinasi.

Kalau nakes bekerja di fasilitas kesehatan (faskes) yang menjadi tempat vaksinasi seperti puskesmas, maka nakes tersebut divaksinasinya di tempatnya bekerja supaya bisa langsung bekerja atau ngantor melayani masyarakat.

"Jadi walaupun nakes itu orang Indihiang tapi dinas di Cipedes, maka divaksinnya di Cipedes," tuturnya.

Ia menjelaskan, bahwa tidak semua nakes atau 100% nakes mendapatkan vaksin karena tidak masuk sebagai penerima. Hal itu karena memang ada yang memiliki komorbid seperti diabet, usianya yang sudah melampaui 59 tahun, dan yang pernah terpapar Covid-19.

"Nakes di Kota Tasik yang terpapar Covid-19 itu puluhan bahkan nambah juga. Nah mereka pasti tidak akan divaksin," tegasnya.

Ia menambahkan, pihaknya terus menyosialisasikan soal vaksinasi Covid-19 ke masyarakat, sebagai langkah untuk mencegah dan menanggulangi pandemi Covid-19.

"Kendati nanti sudah divaksin, tetap harus disiplin menjalankan protokol kesehatan, yakni memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir, dan menjaga jarak tidak berkerumun," pungkasnya.
 

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar