Yamaha

Rice Cooker Bisa Bunuh Covid-19 yang Ada di Uang? Ini Faktanya

  Selasa, 23 Februari 2021   Suara.com
ilustrasi -- Uang (Ayobandung.com)

TASIK, AYOTASIK.COM -- Sebuah video viral memperlihatkan seseorang memanaskan uang di dalam rice cooker. Disebutkan, metode ini bisa membunuh virus Corona yang ada di uang. Benarkah?

Dalam video yang beredar di media sosial, terlihat seseorang memasukkan uang pecahan Rp 50 ribu hingga Rp 100 ribu ke dalam rice cooker untuk membunuh virus.

Berikut narasi lengkap video tersebut:

Magic com buat masak nasi X
magic com buat masak uang V
Katanya biar virus Covid mati
Beneran mati gak sih?
Abis terima langsung dimasukkin
Setelah 40 menit uangnya panas diambil lagi Please ahli jelasin donk ini gimana sih?Setuju gk?
Baunya gk enak banget.

Penjelasan

Penelusuran Suara.com menemukan bahwa metode memanaskan benda untuk membunuh virus bukanlah hal baru. Metode ini disebut sterilisasi dan lazim digunakan di berbagai sektor, termasuk rumah sakit.

Biasanya, sterilisasi dilakukan menggunakan sinar ultra violet. Penggunaan sinar ultra violet dalam suhu tinggi dipercaya bisa membunuh virus hingga 99,99 persen.

Khusus rice cooker, laman Businessinsider menyebut panas bisa digunakan untuk membersihkan masker N95. Hal ini berdasarkan sebuah video yang diunggah oleh akun NewsAtIllnois.

Penelitian dari University of Illinois Urbana-Champaign menemukan bahwa dengan memanaskan masker hingga 50 menit dalam suhu 175 derajat Celcius mampu membunuh 4 jenis virus, termasuk virus Corona.

Lalu, apakah uang akan memberikan efek yang sama? Jika uang yang digunakan berbentuk uang kertas, efek membunuh virus bisa didapatkan. Namun jika uang berbentuk logam, ada risiko kerusakan karena memasukkan benda logam ke dalam rice cooker bisa berbahaya.

Risiko lain yang wajib diperhatikan adalah masalah higienitas. Jika rice cooker juga digunakan untuk memasak, tentunya mensterilisasi uang di tempat yang sama bukan tindakan bijak.

CDC Amerika Serikat mengatakan saat ini, cara membersihkan virus terbaik adalah menggunakan sanitizer maupun alkohol. Anda juga bisa membersihkan uang dengan sabun dan pemutih pakaian (klorin dioksida).

Kesimpulan: Disinformasi

Virus memang bisa mati jika dipanaskah dalam suhu di atas 175 derajat celsius selama 50 menit. Namun penggunaan rice cooker untuk membersihkan uang tidak disarankan karena risiko bahaya dan higienitas.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar