Yamaha

Pergerakan Tanah Rusak 5 Rumah di Tamansari

  Selasa, 23 Februari 2021   Heru Rukanda
Rumah warga rusak akibat pergerakan tanah di Kecamatan Tamansari, Kota Tasikmalaya, Selasa (23/2/2021).(Ayotasik.com/Ist).

TAMANSARI, AYOTASIK.COM -- Sebanyak 5 unit rumah warga Kampung Cigorowong, Kelurahan Setiawargi, Kecamatan Tamansari, Kota Tasikmalaya, rusak akibat bencana alam pergerakan tanah. Pergerakan tanah juga mengancam puluhan rumah warga lainnya.

Kepala Seksi (Kasi) Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tasikmalaya Erik Yowanda mengatakan, pergerakan tanah di Kampung Cigorowong, Kelurahan Setiawargi, Kecamatan Tamansari, Kota Tasikmalaya, hampir terjadi setiap tahunnya.

"Ada 5 rumah yang terdampak pergerakan tanah dan sekira 20 rumah terancam," ujar Erik, Selasa (23/2/2021).

Menurutnya, dari hasil pengecekan terakhir pada Minggu (21/2/2021) rumah-rumah yang terdampak sudah tidak lagi dihuni oleh pemiliknya. Mereka mengungsi ke rumah-rumah saudara maupun orang tuanya.

"Rumah yang rusak adalah rumah semi permanen. Ada sebagian yang sudah dibongkar oleh pemiliknya," ucapnya.

Ia menuturkan, pergerakan tanah terjadi di tahun 2019, 2020, dan awal tahun 2021. Hingga kini pergerakan tanah sudah mencapai 2 meter amblasnya dengan potensi gerakan tanah mencapai lebih kurang satu kilometer.

"Pergerakan tanah ini memang sudah berbahaya, makanya warga yang rumahnya terdampak diungsikan," tuturnya.

Erik menambahkan, pihaknya telah melaporkan kejadian pergerakan tanah ini ke provinsi dan badan geologi sehingga kini tinggal menunggu pihak badan geologi untuk melakukan kajian.

"Pergerakan tanah terjadi setiap tahun. Kita masih menunggu kajian dari badan geologi apakah warga harus direlokasi atau tidak," pungkasnya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar