Yamaha

Rencana Pemindahan Pasar-Terminal Singaparna Tidak Berbuah

  Selasa, 23 Februari 2021   Irpan Wahab Muslim
Kondisi Pasar-Terminal Singaparna (Ayotasik.com/Irpan Wahab Muslim)

SINGAPARNA, AYOTASIK.COM -- Rencana pemindahan pasar dan terminal Singaparna sudah menggelembung sejak lima tahun lalu. Namun hingga saat ini, rencana pemindahan itu pun belum juga terlaksana. Jangankan pembangunan fisik bangunan untuk pasar dan terminal, pembebasan lahan pun belum sepenuhnya dilaksanakan.

Rencananya, lahan yang akan digunakan untuk pasar dan terminal berada di Desa Cilampung hilir Kecamatan Padakembang. Hingga saat ini, setidaknya sudah 6 haktare lahan dibebaskan. Lahan itu belum termasuk lahan untuk jalan masuk ke area pasar dari jalan Ciawi-Singaparna.

Mandegnya perpindahan pasar dan terminal itu pun disayangkan oleh Ketua KNPI PK Singaparna Zamzam J Maarif. Ia menilai, jika serius dalam penggarapan, Pemkab Tasikmalaya seharusnya sudah bisa merelokasi pasar kurang dari lima tahun.

"Ini sudah hampir 7 tahun kalau tidak salah, tapi belum juga ada progres yang menggembirakan, " kata Zamzam melalui sambungan telepon, Selasa (23/2/2021).

Zamzam menambahkan, Pandemi Covid-19 diakui menjadi penghambat dalam setiap sendi pembangunan. Namun hal itu harus disiasati oleh pemerintah, artinya jangan jadikan Pandemi Covid-19 sebagai alasan utama.

"Banyak jalan untuk mensukseskan pembangunan termasuk relokasi pasar dan terminal. Kalau dianggap berat dari segi anggaran, bisa dilakukan satu persatu," ucap Zamzam.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar