Yamaha

Puluhan Santri Bergejala Covid-19 di Cipedes Masih Jalani Isolasi

  Rabu, 24 Februari 2021   Heru Rukanda
Pasien terkonfirmasi positif Covid-19 menjalani isolasi mandiri di Hotel Crown Kota Tasikmalaya. (Ayotasik.com/Heru Rukanda).

CIPEDES, AYOTASIK.COM -- Santri dan santriwati dari klaster pesantren Persis 67 Benda, Kecamatan Cipedes, Kota Tasikmalaya, yang masih menjalani isolasi tersentralisasi di Hotel Crown, Rumah Sakit (RS) Dewi Sartika, dan pesantren, kini tinggal 51 orang.

Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya Asep Hendra Hendriana mengatakan, ratusan santri santriwati dan pengajar yang tidak bergejala sudah dipulangkan dari tempat isolasi.

"Santri yang masih diisolasi itu sekira 51 orang. Di Hotel Crown sebanyak 20 orang, di RS Dewi Sartika 16 orang, dan di pesantren sebanyak 15 orang," ujar Asep, Rabu (24/2/2021).

Puluhan santri dan santriwati yang masih menjalani isolasi tersentralisasi adalah yang masih mengeluhkan gejala seperti batuk dan pilek. Para orang tua dan wali santri pun sudah menitipkan untuk isolasi lanjutan hingga benar-benar tidak bergejala.

"Hari ini tidak ada santri yang pulang karena masih mengelukan gejala batuk dan pilek," ucapnya.

Asep menuturkan, santri-santri yang sembuh atau sudah menjalani masa isolasi selama 14 hari sudah diperbolehkan pulang ke rumahnya masing-masing. Kendati sudah pulang, para santri ini tetap harus isolasi mandiri terlebih dulu minimalnya 10 hari dan maksimalnya 14 hari.

"Tetap harus menjalani isolasi mandiri dan menerapkan protokol yang ketat. Selama di rumah juga jangan dulu berinteraksi dengan anggota keluarga yang lain dan memakai masker," tuturnya.

Sebelumnya, dinas kesehatan Kota Tasikmalaya telah memulangkan ratusan santri yang telah sembuh baik yang isolasi di Hotel Crown, RS Dewi Sartika, dan pesantren. Para santri yang sembuh dijemput para orang tua dan walinya dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

"Kalau yang kami pulangkan dari Crown dan Dewi Sartika itu jumlah 125 orang, 90 orang dari Crown dan 35 orang dari Dewi Sartika. Untuk yang di pesantren dipantau langsung oleh pihak puskesmas dan klinik pesantren," ungkapnya.

Sekadar diketahui, dalam klaster pesantren di Cipedes, Kota Tasikmalaya ini sebanyak 389 orang terkonfirmasi positif Covid-19. Mereka menjalani isolasi di tiga tempat berbeda yakni di Hotel Crown, RS Dewi Sartika, dan pesantren.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar