Yamaha

Santri Covid-19 Klaster Pesantren di Cipedes Tinggal 6 Orang

  Jumat, 26 Februari 2021   Heru Rukanda
Pondok Pesantren Persis 67 Benda, Kecamatan Cipedes, Kota Tasikmalaya. (Ayotasik.com/Heru Rukanda)

CIPEDES, AYOTASIK.COM -- Santri sembuh dari klaster Pesantren Persis 67 Benda, Kecamatan Cipedes, Kota Tasikmalaya, terus bertambah.

Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya kembali memulangkan 6 santri yang sembuh yang menjalani isolasi di Rumah Sakit (RS) Dewi Sartika dan RS Purbaratu.

"Hari ini yang kita pulangkan ada 6 orang, 4 orang dari RS Dewi Sartika dan 2 orang dari RS Purbaratu," ujar Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya Asep Hendra Hendriana, Jumat (26/2/2021).

Menurut Asep, kini santri yang masih diisolasi sebanyak 6 orang. 2 orang dirawat di RS Purbaratu dan 4 orang Dewi Sartika. Mereka yang masih menjalani perawatan belum dizinkan pulang karena masih mengeluhkan gejala batuk dan pilek.

"Mudah-mudahan sisa santri yang isolasi bisa segera sehat dan pulang sehingga klaster pesantren ini bisa selesai," ucapnya.

Sebelumnya, santri dan pengajar yang terkonfirmasi positif Covid-19 di klaster pesantren di Cipedes ini jumlahnya mencapai 389 orang. Ratusan santri tersebut menjalani isolasi dibeberapa tempat di antaranya Hotel Crown, RS Dewi Sartika, RSUD dr Soekardjo, RS Purbaratu, dan Pondok Pesantren.

Secara bertahap para santri sembuh dipulangkan oleh pihak Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya dengan dijemput para orang tua atau wali santri.

Kendati sudah sembuh dan menjalani isolasi tersentralistik, ratusan santri yang dipulangkan tetap harus melanjutkan isolasi secara mandiri di rumahnya masing-masing dengan protokol kesehatan yang ketat dan selalu memakai masker.

"Mereka harus lakukan isolasi mandiri di rumahnya masing-masing minimal 10 hari dan maksimal 14 hari," ungkapnya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar