Yamaha

Peredaran Miras di Kota Tasikmalaya Mengprihatinkan

  Minggu, 28 Februari 2021   Heru Rukanda
Mobil box yang mendistribusikan minum keras ke Kota Tasikmalaya disergap Maung Galunggung dan diamankan di Mapolresta Tasikmalaya. (Ayotasik.com/Heru Rukanda)

TASIKMALAYA, AYOBANDUNG.COM -- Hampir setiap pekan kepolisian menemukan sekelompok remaja dan pemuda yang mengonsumsi minuman keras (miras).

Kapolresta Tasikmalaya AKBP Doni Hermawan mengatakan, dari data yang dimiliki dan laporan kegitan rutin yang ditingkatkan (KRYD) baik oleh jajaran polsek dan tim Maung Galunggung yang sudah dibentuk, memang hampir setiap pekan ditemukan adanya remaja-remaja dan pemuda yang nongkrong atau berkumpul sambil mengonsumsi miras.

"Saya kira cukup memprihatinkan kondisi Kota Tasikmalaya di masa pandemi ini masih ada yang mengonsumsi minuman keras. Situasi ini harus menjadi perhatian bersama bukan hanya kepolisian, tapi seluruh element masyarakat untuk lebih peduli terhadap lingkungan sekitar dan keluarga, serta memonitor bersama-sama terhadap peredaran miras di Kota Tasikmalaya," ujar Doni, Minggu (1/3/2021).

Dirinya menyebut, kondisi tersebut cukup mengkhawatirkan karena dari pendistribusian miras ke Kota Tasikmalaya cukup banyak. Seperti halnya beberapa hari lalu di mana sebuah mobil box berisi ratusan miras yang akan didistribusikan ke Kota Tasikmalaya dapat digagalkan.

"Kemungkinan pendistribusian miras ke Kota Tasikmalaya rutin dilakukan, sehingga perlu pendalaman. Miras ini didatangkan dari Kota-kota lain seperti Jakarta dan Bandung," ucapnya.

Doni menuturkan, pihaknya akan terus melakukan upaya pencegahan masuknya miras ke Kota Tasikmalaya, supaya kota ini tidak menjadi kota yang banyak konsumennya yang mengonsumsi miras.

"Kita komitmen untuk lakukan pencegahan terhadap peredaran miras dengan mengintensifkan patroli dan razia miras," tuturnya.

Ia menambahkan, Pemerintah Kota (Pemkot) Tasikmalaya juga sudah memiliki peraturan daerah (perda) soal miras. "Ini harus ditegakan bersama-sama agar Kota Tasik menjadi kota yang sejuk dan islami serta tidak ada kemaksiatan," ungkap Doni.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar