Yamaha

Harga Cabai Domba di Pasar Cikurubuk Melonjak Rp120 per Kilo

  Kamis, 04 Maret 2021   Heru Rukanda
Harga cabai di Pasar Induk Cikurubuk Kota Tasikmalaya mengalami kenaikan sejak Februari 2021, Kamis (4/3/2021). (Ayotasik.com/Heru Rukanda)

MANGKUBUMI, AYOTASIK.COM -- Harga cabai domba di Pasar Induk Cikurubuk Kota Tasikmalaya mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Kenaikan cabai sudah terjadi sejak Februari hingga awal Maret 2021.

Salah seorang pedagang cabai di Pasar Cikurubuk, Agan Abdul Qodir (25) mengatakan, harga cabai domba normalnya Rp40 ribu per kilogram. Namun, sudah beberapa pekan terakhir ini mengalami kenaikan.

"Sekarang harganya Rp120 ribu per kilo," ujar Agan, Kamis (4/3/2021).

Kenaikan harga juga terjadi pada cabai jenis BBL. Sebelumnya harga cabai BBL hanya Rp20 ribu per kilogram, kini menjadi Rp60 ribu per kilogram.

Untuk cabai keriting merah, dari harga normalnya Rp50 ribu naik menjadi Rp50 ribu per kilogram, dan cabai keriting hijau dari Rp16 ribu naik menjadi Rp22 ribu per kilogram.

"Kemarin saya masih bisa jual Rp90 ribu untuk cabai domba, hari ini naik lagi," ucapnya.

Ia menuturkan, naiknya sejumlah harga cabai ini diduga lantaran minimnya pasokan barang dari pengepul maupun petani.

"Pastinya kurang tahu ya. Namun, biasanya kenaikan dipicu karena kurangnya stok barang," tuturnya.

Pedagang cabai lainnya, Hasan Muttaqin (25) mengatakan, dengan kenaikan harga ini membuat omzet penjulannya turun 50% sampai 70%.

"Kalau harganya normal bisa menjual sampai satu kuintal per hari. Namun, kini hanya bisa terjual di kisaran 30 kilo sampai 50 kilo per harinya," ujar Hasan.

Ia menambahkan, sejauh ini pasokan cabai diperoleh dari petani di Galunggung dan daerah lainnya. Ia berharap harga cabai kembali normal sehingga omzetnya bisa kembali normal.

"Saya harap pemerintah segera turun tangan untuk mengatasi kenaikan harga cabai ini," pungkasnya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar