Yamaha

6 Remaja Pelaku Perampasan Motor Diamankan Polisi

  Senin, 08 Maret 2021   Heru Rukanda
Kanit Reskrim Polsek Cihideung Polresta Tasikmalaya memperlihatkan sepeda motor korban yang dirampas 6 orang pelaku di Jalan KH. Zenal Muztofa, Senin (8/3/2021). (Ayotasik.com/Heru Rukanda).

CIHIDEUNG, AYOTASIK.COM -- Polsek Cihideung Polresta Tasikmalaya berhasil mengungkap kasus perampasan sepeda motor yang terjadi di Jalan KH. Zenal Mustofa, Kecamatan Cihideung, Kota Tasikmalaya, Minggu (28/2/2021).

Kapolsek Cihideung Kompol Zenal Muttaqin melalui Kanit Reskrim Iptu Ruhana Efendi mengatakan, pihaknya mendapat laporan dari orang tua korban yang melihat sepeda motor anaknya yang dirampas ada di Jalan Gubung Sabeulah, Kota Tasikmalaya. Pihaknya kemudian mendatangi lokasi dan mengamankan pelaku berikut sepeda motornya.

"Ada 2 pelaku yang kami amankan," ujar Ruhana, Senin (8/3/2021).

Ia menuturkan, dari keterangan ke-2 pelaku yang berhasil diamankan, pihaknya langsung mengembangkan para pelaku lainnya yang bersama-sama melakukan perampasan motor korban.

"Alhamdulillah, kami dapat amankan 4 pelaku lainnya di rumahnya masing-masing di wilayah Kota Tasikmalaya," ucapnya.

Ruhana menjelaskan, para pelaku perampasan sepeda motor merek Honda Sonic tersebut semuanya masih remaja atau di bawah umur. Alhasil dalam penangananannya di mengedepankan restorative justice atau sebuah pendekatan yang ingin mengurangi kejahatan dengan menggelar pertemuan antara korban dan terdakwa.

Tujuannya adalah untuk saling bercerita mengenai apa yang telah terjadi, membahas siapa yang dirugikan oleh kejahatannya, dan bagaimana mereka bisa bermusyawarah mengenai hal yang harus dilakukan oleh pelaku untuk menebus kejahatannya.

"Jadi dalam kasus ini pihak korban mencabut laporannya setelah adanya kesepakatan dengan pihak pelaku untuk diselesaikan secara kekeluargaan. Pihak pelaku memberikan ganti rugi kepada korban, meminta maaf, dan membuat pernyataan tidak melakukan hal serupa," ungkapnya.

Sementara itu, orang tua korban, Zenal (45) mengatakan, dirinya masih mengetahui sepeda motor yang dirampas para pelaku meski sepeda motornya sudah diubah bagian covernya.

"Saya ingat knalpotnya meski cover motornya diganti," ujar Zenal, Senin (8/3/2021).

Ia bersyukur sepeda motornya bisa ditemukan kembali dan persoalan ini bisa selesai tanpa berlarut-larut. "Sudah rezekinya masih bisa ketemu motornya dan diselesaikan secara kekeluargaan," ucapnya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar