Yamaha

Sehat Sebelum Vaksinasi, Begini Persiapan yang Perlu Lansia Lakukan!

  Senin, 08 Maret 2021   Suara.com
Ilustrasi -- Vaksinasi lansia di RS Al Islam Kota Bandung, Jumat (26/2/2021) (Ayobandung.com/Nur Khansa Ranawati)

JAKARTA, AYOTASIK.COM -- Siapapun yang hendak menerima vaksin Covid-19 mesti menjaga kesehatan hingga vaksinasi dilakukan. Lalu apa yang perlu dilakukan oleh lansia menjelang vaksinasi?

Ketua Pengurus Besar Perhimpunan Gerontologi Medik Indonesia (Pergemi) prof. dr. Siti Setiati, Sp.PD., menyarankan lansia harus makan dengan kalori yang cukup dan bergizi seimbang.

"Sebaiknya memang lansia yang ingin menjalani vaksinasi cukup makan dengan kalori yang cukup. Tentu komposisinya ada karbohidrat, protein, lemak tentu juga, jadi lengkap," kata dokter Siti dalam webinar, Minggu (7/3/2021).

Terutama protein, lanjut dokter Siti, sangat diperlukan tubuh agar lansia terhindar dari kondisi kerapuhan dan sarkopenia.

Sarkopenia merupakan penyusutan massa otot seiring bertambahnya usia dan tanpa latihan fisik.

"Protein itu sangat penting dikonsumsi cukup sekitar 1,2 gram per kilogram berat badan. Jadi sekitar 60 gram kira-kira kalau orang itu beratnya 50 kilo. Kemudian protein bisa diperoleh dari berbagai sumber makanan, bisa telur, ikan, daging, dan susu juga mengandung protein yang bagus," ucapnya.

Sebelum melakukan vaksinasi, lansia akan diskrining dan diberi pertanyaan seputar kesehatannya.

Dokter Siti mengatakan, jika tubuh lansia mengalami kerapuhan bisa kemungkinan vaksinasi ditunda atau batal.

"Penelitian kami sudah membuktikan, jadi nutrisi yang tidak baik adalah faktor risiko penting terjadinya kerapuhan. Dan kerapuhan itu jadi salah satu faktor yang harus dipertimbangkan untuk belum bisa direkomendasikan menjalani vaksinasi," jelas dokter spesialis penyakit dalam itu

Iajuga menyarankan agar lansia cukup minum dan istirahat. Tetapi, pemenuhan gizi seimbang juga kebiasaan sehat itu sebaiknya tidak hanya dilakukan dalam persiapan mendapatkan vaksinasi Covid-19 saja.

"Istirahat cukup, minum juga harus cukup. Jangan kayak saya waktu vaksinasi puasa, itu lemas banget setelah divaksin. Akhirnya saya buka (puasa), enggak tahan. Saya sakit kepala kemudian badan jadi nggak karu-karuan. Jadi minum cukup, makanan sehat persiapan beberapa hari sebelum vaksinasi diperbaiki nutrisinya, olahraga cukup," tuturnya.

"Hidup sehat sebelum vaksinasi dan seterusnya setelah vaksinasi. Nutrisi yang baik harus dikonsumsi sepanjang waktu untuk para lansia untuk mencegah terjadinya kerapuhan," tambah dokter Siti.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar